Jalur Selatan Jateng Mulai Padat

Red: Siwi Tri Puji B

Jumat 26 Aug 2011 10:19 WIB

Wilayah Cilacap Wilayah Cilacap

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS - Arus mudik di jalur selatan Jawa Tengah pada H-5 Lebaran atau Jumat meningkat. "Dibanding dengan kemarin (25/8), arus mudik yang melintas pagi ini sedikit meningkat," kata Kepala Pos Pengamanan Lebaran 2011 Ajibarang Ajun Komisaris Polisi Bowo Astoto, di Ajibarang, Banyumas.

Namun, kata dia, arus mudik yang melintas di jalan penghubung jalur pantai utara dengan jalur selatan Jateng cenderung mengalami peningkatan volume kendaraan pada sore hari, antara pukul 15.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Sementara itu, Perwira Pengendali Pospam Ajibarang Inspektur Dua Hariyanto mengatakan, arus mudik dari arah pantura menuju jalur selatan Jateng pada Jumat pagi masih didominasi sepeda motor.

"Sebagian besar kendaraan pemudik berbelok ke arah Wangon untuk menuju jalur selatan Jateng tanpa harus melalui Purwokerto," katanya.

Sesampainya di Wangon, kata dia, pemudik dari arah pantura akan bertemu dengan arus mudik dari arah Bandung.

Disinggung mengenai puncak arus mudik yang melintas di jalur tersebut, dia mengatakan, hal itu diprediksikan bakal terjadi antara H-3 hingga H-2 Lebaran.

Menurut dia, hal ini disebabkan sebagian perkantoran mulai libur pada hari Sabtu (27/8) sehingga para pemudik dari Jakarta atau kota lainnya diperkirakan akan berangkat mudik pada Jumat malam.

Di ruas Ajibarang-Bumiayu, Kabupaten Brebes, arus mudik yang melintas di jalan penghubung pantura dengan jalur selatan ini terlihat ramai lancar meskipun lebar badan jalan tersebut hanya tujuh meter.

Bahkan, sesaat sebelum rombongan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melintas dari arah Purwokerto menuju Bumiayu, petugas Kepolisian Resor Banyumas dengan sigap mengatur arus lalu lintas di jalur penghubung tersebut dan meminta seluruh kendaraan untuk berhenti di tepi jalan.

Setelah rombongan Presiden Yudhoyono melintas, seluruh kendaraan yang sempat berhenti sekitar lima menit ini kembali melanjutkan perjalanan.

Seperti diketahui, Presiden Yudhoyono pada Kamis (25/) petang menghadiri acara buka puasa bersama petani di Lapangan Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas.

Acara buka puasa ini merupakan rangkaian kegiatan Safari Ramadhan yang dilakukan Kepala Negara di sejumlah kabupaten di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Terpopuler