Pemudik Kereta Ekonomi Hanya Bisa Berangkat di Empat Stasiun

Rep: Ahmad Islamy Jamil/ Red: cr01

Ahad 21 Aug 2011 20:04 WIB

Sejumlah warga mengantre untuk mendapatkan tiket kereta api (KA) tambahan Lebaran 2011 di Stasiun Jatinegara, Jakarta. Foto: Republika/Aditya Pradana Putra Sejumlah warga mengantre untuk mendapatkan tiket kereta api (KA) tambahan Lebaran 2011 di Stasiun Jatinegara, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Stasiun Jatinegara tidak akan memberangkatkan penumpang ekonomi dari 23 Agustus hingga 3 September mendatang. Wakil Kepala stasiun itu, Weddy Hartono, mengatakan pemudik kelas ekonomi hanya bisa naik di empat stasiun pemberangkatan awal saja selama waktu tersebut.

Namun demikian, ia menjelaskan stasiunnya tetap melayani pembelian tiket kelas ekonomi di hari-hari tersebut. "Tiket kereta kelas ekonomi sudah bisa dibeli tujuh hari sebelum keberangkatan dan penumpang bebas menentukan tempat duduknya sendiri," kata Weddy, Ahad (21/8).

Selain Stasiun Jatinegara, tiket ekonomi juga bisa dibeli di lima stasiun lainnya yaitu, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tanjung Priok.

Weddy menerangkan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah mempersiapkan sebelas kereta api ekonomi reguler untuk mudik tahun ini. Batas maksimum kuota satu gerbong adalah 150 penumpang. Di samping itu, pihak perusahaan juga telah menyiapkan enam kereta tambahan.

Kereta tambahan ini hanya digunakan jika jumlah pemudik membludak, sehingga jumlah kereta reguler tidak lagi mencukupi. "Ini untuk antisipasi saja, dan memang sudah diprogramkan jauh-jauh sebelumnya," ungkap pria berumur 40 tahun itu.

Menurut data di stasiun tersebut, pemesanan tiket sejak tanggal 17 hingga 20 Agustus terus menigkat. Pemesan tiket pada tanggal 17 untuk keberangkatan maksimal tanggal 24 agustus berjumlah 441 penumpang. Pemesan pada tanggal 18 untuk keberangkatan maksimal tanggal 25 Agustus sebanyak 646 penumpang.

Pemesan pada tanggal 19 untuk keberangkatan maksimal 26 Agustus, berjumlah 1.802 orang. Hingga tanggal 20, pemesan untuk keberangkatan maksimal tanggal 27 Agustus sudah sebanyak 1.199 penumpang. "Dengan demikian, tiket ekonomi sampai hari ini masih banyak tersisa," ungkap Weddy.

Kereta api kelas ekonomi tidak berhenti di stasiun Jatinegara dari tanggal 23 Agustus hingga 3 September. Untuk keberangkatan, penumpang harus naik dari stasiun pemberangkatan awal, yaitu Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Tanjung Priok.

Terpopuler