Penumpang KA Ekonomi Mulai Padati Stasiun Senen

Rep: C19/ Red: taufik rachman

Sabtu 20 Aug 2011 17:47 WIB

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Stasiun Pasar Senen, Jakarta mulai diserbu ribuan calon penumpang kereta api (KA) kelas ekonomi untuk tujuan sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, Sabtu (20/8). Sejak pagi hari, antrean ratusan calon penumpang menjadi pemandangan yang jamak terlihat di loket- loket penjualan tiket di stasiun ini.

Berdasarkan pantauan Republika Online di loket 3 atau loket kereta lintas utara, antrean hingga ratusan orang sudah terjadi sejak siang hari. Parmadi (28), salah seorang calon penumpang KA Tawang Jaya mengaku harus mengantre sejak pukul 10.00 WIB.

Meski penjualan loket baru dibuka pukul 15.00 WIB, ia memilih mengantre agar bisa mendapatkan iket yang mulai Sabtu sudah dijual dengan harga Rp35.000 ini. "Sejak Jumat (19/8), jumlah penumpang sudah semakin banyak. Dari pada tidak dapat tempat duduk, lebih baik datang lebih awal," ungkapnya.

Sesuai jadwal di stasiun Senen, keberangkatan KA Tawang Jaya tujuan Stasiun Semarang Poncol ini baru dilaksanakan pukul 21.30 WIB. Namun para penumpang ini memilih menunggu jadwal keberangkatan kereta di stasiun ini.

Sementara itu, harga tiket untuk KA kelas Bisnis dari stasiun Senen sudah naik sejak dua hari terakhir. Untuk harga tiket KA Senja Utama tujuan Semarang Tawang yang pada hari biasa dijual Rp125.000 hingga (25/8) mendatang manjadi Rp150.000.

Harga ini juga berlaku untuk tiket KA Fajar Utama tujuan Semarang Tawang. Harga iket KA kelas Bisnis tujuan Semarang ini akan kembali naik menjadi Rp 170.000 pada H-4 Lebaran nanti. Selain KA Bisnis tujuan Semarang, kenaikan harga tiket juga terjadi untuk KA kelas Bisnis lainnya, seperti KA Gumarang Bisnis, Senja Kediri, Sawunggaling, Senja Solo, Senja Yogya serta KA Fajar Yogya.

Terpopuler