Jadikan Puasa Ramadhan Perbaiki Pola Hidup Jadi Lebih Sehat

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 19 Apr 2022 00:05 WIB

Seorang pekerja menyajikan makanan buka puasa kepada pelanggan untuk berbuka puasa di food court pinggir jalan selama Ramadhan di Jakarta, Indonesia, Rabu, 13 April 2022.  Jadikan Puasa Ramadhan Perbaiki Pola Hidup Jadi Lebih Sehat Foto:

1

“Anda dapat menolaknya tanpa penyesalan,” kata Ismail Lotfi, seorang instruktur online. Dia juga menambahkan kita harus mencoba menghindari jus dan minuman olahan selama Ramadhan.

“Anda tidak dapat membayangkan jumlah kalori yang ada dalam jus ini. Anda bisa menggantinya dengan kembang sepatu, jus lemon segar, dan jus jeruk segar serta menggunakan pemanis buatan sebagai pengganti gula,” kata Lotfi.

Penting juga untuk makan makanan yang tepat saat berbuka puasa. "Setelah Anda berbuka puasa di malam hari, makanlah makanan sehat dan bergizi dalam porsi sederhana, seperti kurma, sup, dan salad, diikuti dengan protein." Jika Anda ingin menikmati makanan penutup seperti konafa dan qateyef, batasi diri Anda dengan porsi seukuran tangan Anda setiap hari," kata Lotfi.

Dia melarang semua orang pergi ke gym, terutama setelah berbuka puasa. Sebelum berbuka puasa olahraga dimungkinkan, karena Anda dapat berbuka puasa dengan makan dan minum cairan. “Kalau mulai olahraga di tengah hari akan membuat diri lelah, jadi lebih baik menunggu hingga sore hari,” ujarnya.

Selama Ramadhan, ia mendorong semua orang pergi ke gym setelah berbuka puasa. Pastikan untuk makan dan minum untuk membatalkan puasa. "Kalau mulai olahraga di tengah hari, nanti capai sendiri, jadi tunggu sampai malam," ujarnya.

Lotfi mengatakan lebih baik makan sahur larut malam agar tidak merasa terlalu lelah atau lapar keesokan harinya. Makanan ini harus penuh dengan produk susu seperti susu, yoghurt, dan keju cottage.

Ada juga banyak resep Ramadhan sehat di media sosial untuk individu yang ingin tetap sehat selama Ramadhan. Ada juga resep untuk penderita diabetes dan orang yang tidak toleran laktosa.

Pendiri Cook Healthy with Sassa di media sosial Salwa Attallah memiliki banyak resep yang menunjukkan kepada orang-orang cara memasak makanan sehat tidak hanya di bulan Ramadhan tetapi juga sepanjang tahun. “Di bulan Ramadhan, seringkali lebih baik mengukus protein dan sayuran. Penggorengan udara (air fryer) paling baik dilakukan dengan beberapa tetes minyak. Kalau tidak punya air fryer, bisa menggunakan panggangan di dalam oven,” ujarnya.

“Mengapa orang menghindari makan ikan di bulan Ramadhan?” tanyanya. “Ada kesalahpahaman tentang ikan di bulan Ramadhan. Ikan dan makanan laut pada umumnya terkadang merupakan makanan terbaik yang bisa Anda santap, tetapi jangan membumbuinya atau memasukkan banyak bumbu. Buat mereka sesederhana apa adanya,” ujarnya.

 

https://english.ahram.org.eg/News/464138.aspx