6 Cara Cegah Berat Badan Naik Selama Ramadhan

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Rabu 13 Apr 2022 22:33 WIB

Sebagian orang alami kenaikan berat badan setelah usai Ramadhan. Foto:

1

Membagi Porsi Makan

Hindari mengonsumsi semua makanan dalam satu waktu saat berbuka puasa. Akan lebih baik bila makanan yang hendak dikonsumsi dibagi menjadi beberapa porsi kecil. Makanan yang sudah dibagi menjadi porsi yang lebih kecil ini bisa dikonsumsi secara bertahap, mulai dari saat membatalkan puasa, lalu setelah shalat maghrib, atau setelah shalat tarawih. Pastikan makanan yang dikonsumsi mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan sayuran.

 

Rehidrasi

Memenuhi kebutuhan asupan cairan selama berpuasa juga menjadi hal yang cukup sering terabaikan. Padahal, kekurangan asupan cairan bisa memunculkan perasaan lapar palsu di penghujung hari, sehingga dapat memicu makan berlebih. Selain itu, kekurangan asupan cairan bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi.

Secara umum, orang-orang membutuhkan asupan cairan 2-3 liter per hari. Kebutuhan cairan ini bisa dipenuhi sejak berbuka puasa hingga sahur.

 

Bergerak

Berpuasa bukan jadi penghalang untuk tetap bergerak aktif. Rutinitas olahraga bisa dilakukan di waktu-waktu yang aman seperti beberapa jam setelah berbuka puasa. Aktif bergerak bisa membantu membakar kelebihan asupan kalori dan menghindari penumpukan lemak di area perut. Kebiasaan olahraga juga dapat membantu memperlancar pencernaan dan mencegah terjadinya kembung.

Terpopuler