6 Cara Cegah Berat Badan Naik Selama Ramadhan

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah

Rabu 13 Apr 2022 22:33 WIB

Sebagian orang alami kenaikan berat badan setelah usai Ramadhan. Foto: www.freepik.com Sebagian orang alami kenaikan berat badan setelah usai Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan merupakan momen di mana ummat Muslim mendapatkan kesempatan untuk mengendalikan hawa nafsu lewat ibadah puasa. Hal ini seharusnya bisa membantu proses penurunan atau pengendalian berat badan. Akan tetapi, orang-orang yang berpuasa justru cenderung mengalami kenaikan berat badan setelah Ramadhan usai.

Kenaikan berat badan setelah berpuasa Ramadhan biasanya dipengaruhi oleh kebiasaan makan berlebih. Kecenderungan makan berlebih ini umumnya terjadi di momen berbuka puasa, di mana seseorang bisa "kalap" dan menyantap banyak makanan setelah seharian menahan haus dan lapar.

Baca Juga

Tak hanya itu, makanan-makanan yang disajikan sebagai menu berbuka cenderung tinggi karbohidrat. Sering kali, sajian menu berbuka puasa juga dilengkapi dengan makanan yang digoreng dan berminyak sehingga tinggi kalori.

"Saya melihat (kenaikan berat badan) itu sesuatu yang umum, tanpa memandang usia," jelas ahli gizi Nazima Qureshi, seperti dilansir CBC.

Meski ada kecenderungan penambahan berat badan, bukan berarti berat badan tak bisa dikelola selama berpuasa Ramadhan. Dengan enam perubahan sederhana, ummat Muslim yang berpuasa Ramadhan bisa menjaga atau bahkan menurunkan berat badan di bulan suci ini. Berikut ini adalah keenam perubahan sederhana tersebut, seperti dilansir India Times, Rabu (13/4/2022).

 

Batasi Gula

Menyantap makanan atau minuman yang manis saat berbuka puasa memang dapat memberikan "suntikan" energi instan. Akan tetapi, bukan berarti makanan dan minuman yang manis bisa dikonsumsi secara berlebih.

Perlu diingat bahwa gula memiliki kalori yang tinggi. Konsumsi gula secara berlebih bisa memicu kenaikan berat badan. Oleh karena itu, coba biasakan untuk menahan nafsu dengan mengonsumsi makanan atau minuman manis secukupnya saja saat berbuka puasa.

 

Jalani Pola Makan Seimbang

Orang-orang yang berpuasa sangat dianjurkan untuk menerapkan pola makan seimbang gizi. Pola makan ini sebaiknya juga diperkaya dengan asupan serat yang lebih banyak. Serat bisa didapatkan dari sayur, buah, atau karbohidrat kompleks.

Asupan serat bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Hal ini akan membantu orang-orang yang berpuasa untuk tidak berlebihan saat makan. Selain itu, makanan-makanan sehat juga cenderung mengandung kalori yang lebih rendah sehingga bisa membantu menjaga berat badan.

 

Nikmati Makanan Perlahan

Setelah menahan haus dan lapar dalam waktu yang lama, sebagian orang mungkin ingin menyantap berbagai makanan dan minuman sebanyak mungkin dalam waktu singkat. Menyantap makanan dengan cepat dapat menyulitkan otak untuk mengetahui apakah perut sudah terisi penuh atau belum. Dampaknya, seseorang yang makan dengan cepat bisa mengonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya.

Untuk menghindari situasi tersebut, orang-orang yang berpuasa sangat dianjurkan untuk menikmati makanan secara perlahan saat berbuka atau sahur. Makan perlahan akan memberikan kesempatan bagi otak untuk mengenali tanda-tanda perut sudah terisi penuh.

 

Terpopuler