Delapan Ide Berbuka Puasa Sehat

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 13 Apr 2022 04:55 WIB

Pramusaji (kiri) menyajikan menu makanan berbuka puasa khas timur tengah di salah satu rumah makan Arab di Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/4/2022). Rumah makan bernuansa Timur Tengah tersebut menjadi salah satu tempat favorit warga untuk berbuka puasa dengan berbagai menu khas Arab Saudi pada Ramadhan 1443 Hijriyah. Delapan Ide Berbuka Puasa Sehat Foto:

1

6. Santai saja

Jangan terburu-buru untuk menghabiskan makanan. Setelah tidak makan selama belasan jam, makan terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah pencernaan lainnya.

Nikmati buka puasa ringan dengan ukuran porsi yang sesuai. Mengontrol ukuran porsi Anda sangat penting untuk menjaga kesehatan dan menghindari penambahan berat badan. Sebagai aturan umum, jangan makan lebih banyak dari yang biasa Anda makan untuk makan siang atau makan malam standar.

7. Hindari makanan tinggi lemak, garam, dan gula

Jika memungkinkan, hindari makanan berbuka puasa yang tinggi lemak berbahaya, garam, atau tambahan gula. Saat memasak, hindari menggoreng, lebih baik Anda merebus, mengukus, atau memanggang agar makanan Ramadhan favorit Anda lebih sehat.

Untuk membumbui hidangan, gunakan bumbu dan rempah-rempah sebagai pengganti garam. Terakhir, ganti permen dan minuman manis dengan gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan, buah-buahan kering, dan salad buah.

8. Semangkuk sup

Semangkuk sup bisa jadi pilihan saat iftar. Sup mengandung banyak air dan ini membantu menghidrasi tubuh. Cobalah sup kacang lentil, tomat atau sayuran. Hindari sup berbasis krim. Jika Anda tidak menyukai sup hangat saat musim panas, ada alternatif sup dingin dan Gazpachos yang bisa Anda coba.

https://english.alarabiya.net/life-style/healthy-living/2016/06/22/Are-you-feasting-after-fasting-Top-8-healthy-eating-tips-for-Ramadan-iftars

Terpopuler