Delapan Ide Berbuka Puasa Sehat

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 13 Apr 2022 04:55 WIB

Pramusaji (kiri) menyajikan menu makanan berbuka puasa khas timur tengah di salah satu rumah makan Arab di Ulee Kareng, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (9/4/2022). Rumah makan bernuansa Timur Tengah tersebut menjadi salah satu tempat favorit warga untuk berbuka puasa dengan berbagai menu khas Arab Saudi pada Ramadhan 1443 Hijriyah. Delapan Ide Berbuka Puasa Sehat Foto:

1

3. Makan sayuran

Sayuran yang kaya akan vitamin, mineral, dan serat, dan mereka mengandung banyak nutrisi ke dalam kalori yang sedikit. Semakin bervariasi salad Anda, semakin besar jumlah manfaat kesehatan yang dimilikinya.

Ini juga memberi Anda rasa kenyang, memastikan Anda makan lebih sedikit dari hidangan utama. Bisa untuk dua porsi sayuran per makan, satu cangkir sayuran mentah berdaun atau setengah cangkir sayuran mentah atau dimasak atau jus sayuran.

4. Pilih karbohidrat yang baik

Sumber karbohidrat, idealnya kompleks, harus dimasukkan dalam makanan berbuka puasa. Nasi merah, pasta atau roti gandum, kentang, atau burghul adalah contohnya. Selain serat dan mineral, karbohidrat kompleks menyediakan sumber energi yang lebih stabil dan tahan lama.

5. Masukkan protein tanpa lemak

Saat Anda berbuka puasa, harus terdiri dari protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna dan mengandung semua asam amino utama. Tubuh Anda membutuhkan ini untuk membuat dan mempertahankan massa otot.

Daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan, dan ayam adalah protein berkualitas tinggi. Untuk memperoleh manfaat dengan jumlah lemak jenuh paling sedikit, pilihlah protein tanpa lemak.

Sebagai bagian dari makanan berbuka puasa Anda, sertakan ikan, ayam atau kalkun tanpa kulit, dan produk susu rendah lemak. Jika Anda seorang vegetarian, pilihan protein alternatif termasuk kacang-kacangan.

Terpopuler