Dokter Ungkap Pentingnya Menyikat Gigi Setelah Makan Sahur dan Berbuka Puasa

Red: Reiny Dwinanda

Selasa 12 Apr 2022 14:41 WIB

Memakai pasta gigi berflouride penting untuk kesehatan gigi (Ilustrasi). Americal Dental Association (ADA) merekomendasikan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari selama dua menit dengan menggunakan sikat gigi yang lembut. Foto:

1

Tunggu setidaknya 30 menit setelah makan untuk menyikat gigi. Kebiasaan ini juga harus dilakukan selama Ramadhan.

"Yang paling penting adalah memastikan untuk menyikat gigi setelah makan sahur dan juga buka puasa, untuk membantu meminimalkan penumpukan plak," kata asisten profesor divisi Ortodontik dari Imam Abdulrahman Bin Faisal University (IAU), Suliman Shahin.

Menurut Shafi, menyikat gigi dua kali sehari merupakan cara untuk mencegah plak. Plak ini merupakan lapisan lengket yang menumpuk pada gigi sebelum akhirnya berubah menjadi karang gigi.

Plak terbentuk ketika bakteri dari gula dan makanan bertepung menyebabkan penyakit gusi dan kerusakan gigi. Shafi mengungkapkan, menyikat gigi menghalangi plak berubah menjadi karang gigi dan dengan demikian mencegah kerusakan pada gigi.

"Selama Ramadhan, karena orang-orang akan tanpa makanan dan air selama hampir 14-15 jam, mereka harus menyikat gigi setelah sahur dan berbuka puasa," kata Shafi.