Dokter Ungkap Pentingnya Menyikat Gigi Setelah Makan Sahur dan Berbuka Puasa

Red: Reiny Dwinanda

 Selasa 12 Apr 2022 14:41 WIB

Memakai pasta gigi berflouride penting untuk kesehatan gigi (Ilustrasi). Americal Dental Association (ADA) merekomendasikan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari selama dua menit dengan menggunakan sikat gigi yang lembut. Foto: Max Pixel Memakai pasta gigi berflouride penting untuk kesehatan gigi (Ilustrasi). Americal Dental Association (ADA) merekomendasikan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari selama dua menit dengan menggunakan sikat gigi yang lembut.

Menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit juga penting saat bulan puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika berpuasa biasanya banyak orang khawatir mengenai kebersihan gigi dan mulut, sehingga selama Ramadhan menjadi momen penting untuk lebih memperhatikan kesehatan mulut. Mereka ingin menghindari kemungkinan efek samping dehidrasi, mulut kering, dan gangguan pencernaan lainnya.

"Karena puasa berjam-jam, produksi asam berlebih saat perut kosong serta pilihan makan makanan manis dan berminyak selama sahur dan buka puasa, ketidakseimbangan flora di dalam rongga mulut sangat mungkin terjadi," kata dokter gigi kosmetik dan kepala klinis Tajmeel Dental Centre Dubai, Ebadullah Shafi, dikutip dari Gulf News pada Selasa (12/4/2022).

Baca Juga

Shafi menjelaskan bahwa kondisi tersebut dapat menyebabkan mulut kering, bau mulut, penumpukan plak, dan memicu kerusakan gigi jangka panjang. Americal Dental Association (ADA) merekomendasikan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari selama dua menit dengan menggunakan sikat gigi yang lembut.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X