Puasa Melembutkan Hati

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil

 Senin 11 Apr 2022 20:49 WIB

 Puasa Ramadhan memiliki dampak yang sangat besar terhadap kesehatan jasmani. Foto:  Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Puasa Ramadhan memiliki dampak yang sangat besar terhadap kesehatan jasmani. Foto: Ilustrasi Ramadhan

Puasa Ramadhan memiliki dampak yang sangat besar terhadap kesehatan jasmani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa Ramadhan memiliki dampak yang sangat besar terhadap kesehatan jasmani dan ruhani. Berbagai penelitian telah menyebutkan bahwa orang yang berpuasa memiliki kondisi kesehatan fisik lebih baik dibanding yang tidak. Salah satu penyebabnya adalah karena orang yang berpuasa memiliki keteraturan dalam pola makan. 

Para pakar juga menyebut bahwa orang yang berpuasa memiliki keadaan psikologis sangat baik. Hal ini dikarenakan orang yang berpuasa dilatih agar mampu mengendalikan hawa nafsunya. Karena itu Pimpinan Askar Kauny, ustadz Bobby Herwibowo mengatakan orang berpuasa sesuai tuntunan Rasulullah SAW akan memiliki hati yang lembut dan tenang. 

Baca Juga

Karena menurutnya secara prinsip orang yang berpuasa tengah  menjalankan perintah Allah. Sedang orang yang taat kepada Allah akan mendapatkan ketenangan batin. Lain halnya dengan orang yang tidak berpuasa. Menurut ustadz Bobby orang yang tak puasa berarti melawan atau bertentangan dengan perintah Allah. Sedangkan menentang perintah Allah adalah kemaksiatan atau kedurhakaan yang menyebabkan hati seseorang menjadi resah dan gelisah.

"Jadi shaum itu akan membuat hati, pikiran menjadi tenang, menjadi lembut karena kita taat kepada Allah dan karena puasa mengantarkan kita pada derajat takwa," kata ustadz Bobby Herwibowo beberapa waktu lalu. 

Lebih lanjut ustadz Bobby menukil akhir ayat kedua surat At Talq, waman yattaqillaha yajal lahu makhrojan (barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya).  Dari petikan ayat tersebut menurut ustadz Bobby dapat dipahami bahwa Allah akan memberikan jalan keluar dari setiap persoalan yang dihadapi oleh orang yang bertakwa. Sehingga dengan jalan keluar tersebut, orang yang yang bertakwa akan tenang dalam menjalani hidupnya dan hatinya akan menjadi lembut. Lebih dari itu orang yang akan mendapatkan ampunan dan pahala yang berlipat ganda.

"Jadi itu mengapa shaum mengantarkan kita pada derajat takwa. Karena takwa itu manfaatnya banyak. Melembutkan hati, membuat tenang hidup, masalah mudah, rezeki lancar, menghapuskan kesalahan, dan mendapatkan pahala yang besar," katanya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X