Begini isi Tenda Ifthar di UEA yang Dibagikan Gratis

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko

Sabtu 09 Apr 2022 03:30 WIB

Tenda khusus yang dibangun di bulan Ramadhan di negara-negara Timur Tengah. Foto:

1

KMCC pertama kali mendirikan tenda buka puasa pada tahun 2019, namun karena pandemi, tenda tidak boleh beroperasi karena keamanan Covid-19.

Pada 14 Maret, Otoritas Manajemen Krisis dan Bencana Darurat Nasional (NCEMA) mengumumkan bahwa izin merupakan hal wajib untuk mendirikan tenda berbuka puasa. Izin harus diminta dari Bulan Sabit Merah Emirates (ERC). Lokasi tenda dan kapasitasnya diputuskan oleh otoritas di masing-masing Emirat.

Tenda harus menyala dan didinginkan dengan baik, seperti yang ditentukan oleh Otoritas Pengembangan Standar Tenaga Kerja, Sharjah dan Masyarakat Bulan Sabit merah Emirates.

Ratusan warga mengantre sekitar pukul 17.30, dan usai azan dan salat, mereka memasuki tenda. Seorang relawan ditunjuk untuk tetap menjaga protokol Covid-19 dan memeriksa suhu tubuh, sebelum orang-orang diizinkan masuk ke tenda. 

Setelah warga duduk, mereka diberikan paket makanan mereka. Pidato dan khutbah disampaikan di tenda agar orang-orang memahami tujuan di balik puasa, dan bagaimana seseorang harus menghabiskan hari mereka. Ceramah diberikan tentang protokol Covid-19, sementara seorang ulama memberikan khotbah, menjelang adzan MaghribUsai buka puasa, para relawan berkumpul kembali untuk proses bersih-bersih. 

“Tugas pertama adalah membersihkan tenda. Relawan kami mengumpulkan sampah dan mengemasnya untuk dibuang,” kata Mujeeb.

Tenda juga dibersihkan dengan vakum dan disanitasi setelah operasi pembersihan. Tenda juga diperiksa oleh petugas untuk keamanan dan pertolongan pertama.n Ratna Ajeng Tejomukti

Terpopuler