Begini isi Tenda Ifthar di UEA yang Dibagikan Gratis

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko

Sabtu 09 Apr 2022 03:30 WIB

Tenda khusus yang dibangun di bulan Ramadhan di negara-negara Timur Tengah. Foto: alarabiya.net Tenda khusus yang dibangun di bulan Ramadhan di negara-negara Timur Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID,  ABU DHABI -- Berbuka puasa bersama sering diselenggarakan di masjid dan komunitas amal. Melansir laman khaleejtimes.com, Jumat (8/4/2022), penyelenggaraan berbuka bersama di UEA biasa dengan didirikannya tenda dan pembagian ifthar secara gratis untuk warga.

Seperti biasa, tahun ini juga, ratusan penduduk secara sukarela menyediakan serta menyajikan makanan berbuka puasa di tenda-tenda di seluruh negeri. Proses persiapan dimulai setelah salat Zuhur pada pukul 15.00 dan makanan disajikan hingga pukul 20.00, sebelum jamaah salat Isya dan Tarawih.

Baca Juga

Untuk melihat lebih dekat apa yang terjadi di balik penyelenggaraan makanan berbuka puasa ini, Khaleej Times mengunjungi tenda berbuka puasa di Rolla Street di Sharjah, di mana makanan disajikan oleh Pusat Kebudayaan Muslim Kerala (KMCC).

Lebih dari 25 relawan berkumpul untuk menyajikan makanan bagi lebih dari 1.500 penduduk dari daerah terdekat. Ada dua tenda yang menampung sekitar 1.000 orang, dan lebih dari 500 paket makanan dibagikan ke rumah-rumah dan toko-toko terdekat.

Paket buka puasa di sini terdiri dari buah-buahan, jus, air, dan hidangan berbahan dasar nasi seperti biryani atau nasi goreng. Salah satu relawan, Mujeeb, ditugaskan untuk mengawasi seluruh operasi di tenda.

Dia adalah salah satu yang paling awal mencapai tempat itu. Tugas pertama mereka adalah membersihkan area tenda.  “Kami mendapatkan pasokan segar dari Pasar Buah Al Awir. Segera setelah kami menerimanya, kami mencuci buah-buahan itu sampai bersih,” jelas Mujeeb.

Buah-buahan dipotong menjadi ukuran porsi oleh asisten koki.  “Buahnya dipotong-potong kemudian dikemas dalam kantong plastik untuk didistribusikan,” tambah dia.

Makanan yang dimasak dipasok oleh restoran di kapal besar dan tiba pada 15:30. Relawan kemudian memasukkannya ke dalam wadah kertas dan menyimpannya di ruang makan. Warga biasanya mulai datang ke tenda pada pukul 17.30.

 

 

Terpopuler