Ceramah Ramadhan Pertama Majelis Mohamed bin Zayed

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko

Jumat 08 Apr 2022 03:20 WIB

Bulan Ramadhan (ilustrasi) Foto: Dok Republika Bulan Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ABU DHABI -- Ceramah Ramadhan pertama di 2022 oleh Majelis Mohamed bin Zayed berjudul 'Nilai dan Dampaknya pada Pembangunan Manusia dan Masyarakat'.

Ceramah ini menyoroti pentingnya membangun nilai-nilai bagi masyarakat serta titik-titik konvergensi antara nilai-nilai Islam dan kemanusiaan. Ini juga membahas cara untuk meningkatkan nilai-nilai tersebut, yang membantu membangun komunitas yang sejahtera dan manfaatnya yang lebih luas bagi masyarakat dan negara ketika dipromosikan di semua tingkatan.

Baca Juga

 

Direktur Eksekutif Dewan Fatwa UEA, Dr Omar Habtoor Al-Derei dan Direktur Departemen Fatwa di Departemen Urusan Islam dan Kegiatan Amal di Dubai dan anggota Dewan Fatwa UEA, Dr Ahmed Al Haddad, berbicara dalam ceramah tersebut. Mereka dimoderatori oleh Nouf Al-Shehhi dari Otoritas Umum Urusan Islam dan Wakaf.

Selama ceramah, para ahli menyampaikan sesi melalui konferensi video. Ceramah ditayangkan di saluran YouTube Majlis Mohamed bin Zayed dan juga di TV Al Emarat dan saluran TV lokal lainnya pada 7 April 2022. Dilansir dari laman Gulf News, Kamis (7/4/2022).

Para pembicara menyampaikan pentingnya menanamkan nilai-nilai sebagai kebutuhan manusia untuk membangun peradaban dan mencapai kehidupan yang baik. Mereka juga membahas bagaimana Islam telah mengkonsolidasikan nilai-nilai ini, seperti agama-agama lain yang ajarannya difokuskan untuk kebangkitan dan promosi nilai-nilai.

Mengomentari nilai-nilai kemanusiaan, Al-Derei mengatakan nilai-nilai itu diperlukan untuk disiplin diri individu dan membangun komunitas kolektif. Dia menambahkan bahwa meskipun ada perbedaan di antara para filsuf tentang sifat dan akar sumber nilai, mereka semua secara universal sepakat tentang pentingnya mereka untuk kehidupan yang sejahtera.