Persiapkan Diri Menyambut Ramadhan

Red: Agung Sasongko

Sabtu 02 Apr 2022 07:27 WIB

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis berpose untuk Republika  pada gelaran Festival Republik dan Dzikir Nasional 2019 di Masjid Agung At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Rabu (1/1). Foto:

1

Bagaimana ajaran Nabi menjelang Ramadhan?

Kalau kita diajarkan oleh Nabi, ya Nabi itu berdoa menjelang Ramadhan. Kalau sebe lumnya kita sudah latihan puasa menjelang Ra madhan, nah sekarang kita latihan baca Alquran.Oleh karena itu, umat Muslim sekalian, kita perlu membiasakan ini. Termasuk shalat malamnya.

Ibadah, istighfar, dan tentu yang khas pada Ramadhan adalah iktikaf perlu kita laksanakan. Kita bermuhasabah, memohon ampunan kepada Allah. Mari bersama-sama kita maksimalkan ibadah pada Ramadhan ini, semoga Allah juga berikan kita kemudahan.

Apa pesan Pak Kiai terhadap umat dalam menyiapkan diri menghadapi bulan suci?

Beberapa kejadian pada tahun ini adalah banyak teman-teman kita yang meninggal dunia. (Ramadhan) tahun lalu mungkin mereka masih bercengkrama dengan kita, masih ber sama, sekarang mereka tidak bisa lagi menjalankan. Maka, ayo kita maksimalkan Ramadhan ini, anggap Ramadhan ini adalah lumbung nya pahala.

Jadi momentum bagi kita untuk mudahnya masuk surga kalau kita jadikan sebagai lumbung pahala. Jadi, kalau kita sampai kepada Ramadhan, namun kita tidak menjalankannya dengan maksimal, ini ibaratnya ayam yang mati di lumbung padi. Maka itu, kita harus maksimalkan. Dan ingat, surga itu nomor dua, yang pertama adalah ridha Allah SWT kepada kita. 

Terpopuler