Bacaan Doa, Tahlil, dan Adab Saat Ziarah Kubur Jelang Ramadhan

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 01 Apr 2022 18:50 WIB

Umat Islam berdoa di sisi makam keluarganya saat ziarah kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Wanasari, Denpasar, Bali, Jumat (1/4/2022). Tradisi ziarah kubur menjelang puasa Ramadhan tersebut dilakukan umat Islam di Bali untuk mendoakan keluarga yang telah meninggal dunia. Bacaan Doa, Tahlil, dan  Adab Saat Ziarah Kubur Jelang Ramadhan Foto:

1

Diriwayatkan dari Aisyah bahwa ia berkata:

“Bagaimana yang harus aku ucapkan wahai Rasulullah, yaitu dalam ziarah kubur?” Beliau menjawab: “Ucapkanlah, salam sejahtera pada penduduk makam ini dari kaum beriman dan muslimin. Semoga Allah mengasihi orang-orang yang terdahulu dari kalian dan kami serta orang-orang yang terkemudian. Sesungguhnya kami insya Allah akan menyusul bersama kalian.” (HR. Muslim)

Hadits di atas menjelaskan bagaimana cara bertemu dengan ahli kubur dan memudahkan kita untuk mendoakannya. Ziarah ke kubur dengan tujuan mendoakan orang yang sudah meninggal dibolehkan dalam agama kita, seperti halnya berdoa untuk kebaikan orang lain dibolehkan selama hidup seseorang.

Tahlil dan doa ziarah kubur

1. Ketika memasuki areal kuburan mengucapkan salam

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalamu'alaìkum dara qaumìn mu'mìnîn wa atakum ma tu'adun ghadan mu'ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun.

Artinya: Salam atas para penghuni kubur, mukminin dan muslimin, engkau telah mendahului kami, dan insya Allah kami akan menyusulmu.

2. Membaca istighfar tiga kali

3. Bacalah beberapa surat pendek Alquran seperti Al-Qadar tujuh kali, Al-Fatihah tiga kali, Al-Falaq tiga kali, An-Nas tiga kali, Al-Ikhlash tiga kali, dan membaca Ayat Kursi tiga kali.

4. Membaca Tahlil sebanyak tiga kali

Terpopuler