Makanan Apa yang Perlu Dihindari Saat Sahur?

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Jumat 01 Apr 2022 19:18 WIB

Makanan sehat (ilustrasi). Menu yang disantap saat sahur sebaiknya memiliki gizi seimbang, yakni yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat. Foto: www.freepik.com Makanan sehat (ilustrasi). Menu yang disantap saat sahur sebaiknya memiliki gizi seimbang, yakni yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjaga tubuh tetap fit selama berpuasa sangat penting agar ibadah bisa optimal. Dokter spesialis penyakit dalam Primaya Hospital Bekasi Utara, Mohammad Irfan, menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan, termasuk soal makanan sahur, supaya kesehatan bisa terjaga selama berpuasa.

Irfan yang juga praktik di Rumah Sakit Permata Keluarga Cikarang itu menganjurkan untuk tidak melewatkan waktu sahur ketika berpuasa. Makan sahur sangat penting untuk kecukupan nutrisi sepanjang hari. Menu yang disantap saat sahur sebaiknya memiliki gizi seimbang, yakni yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat.

Baca Juga

"Hindari makanan berlemak karena terlalu banyak lemak membuat gula darah tinggi sehingga cepat lapar kembali," ujar Irfan kepada Republika.co.id.

Selain itu, Irfan menyarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, yakni delapan sampai 12 gelas sehari untuk orang dewasa. Saat berpuasa, hendaknya kebutuhan cairan itu tetap dipenuhi dengan cara dicicil. Misalnya, minum tiga gelas air saat sahur, tiga gelas saat berbuka, dan dua gelas sebelum tidur.

Terpopuler