Anies Baswedan Siapkan Kudapan Wajib Saat Sahur dan Buka Puasa

Red: Nur Aini

Jumat 01 Apr 2022 06:05 WIB

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyiapkan kurma sebagai kudapan wajib saat sahur dan berbuka puasa bersama keluarganya pada Ramadhan 1443 Hijriyah.

"Sahur saya 'simple 'saja sedikit. Jadi saya selalu mengakhiri sahur dengan makan kurma tiga," kata Anies di Pendopo Balai Kota Jakarta, Kamis (31/3/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan, memakan kurma karena merasa nyaman dan enak di perut usai sahur. Sedangkan saat buka puasa diawali dengan memakan kurma tiga buah dan air putih agar sesuai sunah.

Untuk menu utama sahur, dia mengatakan, tidak menyiapkan makanan khusus, hanya menyantap makanan yang disediakan di rumah. "Kalau sahur tergantung yang lagi disediakan apa di rumah, tidak ada yang khusus. Tapi penutupnya selalu kurma karena rasanya lebih enak di perut," katanya.

Untuk pelaksanaan shalat tarawih pertama, dia akan melakukannya di rumah. Sedangkan untuk Shalat Id, Anies belum memiliki rencana tempat karena masih lama. Namun, tahun lalu ketika kasus Covid-19 sedang tinggi, Anies mengadakan Sholat Id bersama keluarga besarnya di kediaman pribadinya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Baca juga : Adab Berbuka Puasa Rasulullah SAW