Enam Tips Agar Anak Mencintai Ramadhan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 31 Mar 2022 17:32 WIB

Sejumlah anak mengikuti pawai menyambut bulan Ramadhan di Jalan Pemancar Raya, Depok, Jawa Barat, Ahad (27/3/2022). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan semangat berpuasa pada anak jelang bulan Ramadhan. Enam Tips Agar Anak Mencintai Ramadhan Foto:

1

3. Tetapkan tujuan Ramadhan anak

Mintalah anak-anak menetapkan tujuan Ramadhan yang dapat dicapai untuk diri mereka sendiri dan membangun kepercayaan diri mereka. Bentuknya bisa sederhana seperti menghafal doa kecil, membaca satu halaman Alquran setiap hari, bangun untuk sahur seminggu sekali, membantu ibu dan ayah berbuka puasa.  Bisa juga memberi mereka buku catatan atau agenda Ramadhan untuk menulis tujuan mereka di awal bulan dan memeriksa kemajuan setiap hari.

4. Mulai kalender hitung mundur Ramadhan

Kalender hitung mundur Ramadhan adalah cara yang bagus untuk menyampaikan sisi spiritual Ramadhan kepada anak-anak melalui berbagi suguhan saat berbuka puasa atau mendorong mereka melakukan perbuatan baik setiap hari.

Beberapa keluarga membagikan hadits atau ayat Quran dalam kalender tergantung pada usia anak. Pelajari lebih lanjut tentang Ramadhan kalender hitung mundur dan bagaimana Anda dapat mengajari anak-anak tentang Islam, Ramadhan, dan puasa melaluinya.

5. Buka puasa bersama

Keluarga Muslim di seluruh dunia biasanya memasak makanan khusus untuk buka puasa.  Biarkan anak-anak memilih satu atau dua menu untuk berbuka puasa dengan bimbingan Anda. Makanan menyatukan keluarga dan membantu ibu dan ayah membuat buka puasa akan meninggalkan kesan abadi pada anak-anak.

6. Ajari mereka melalui kerajinan

Seni dan kerajinan adalah alat pembelajaran hebat lainnya untuk anak-anak. Kerajinan Ramadhan adalah cara yang bagus untuk menghibur anak-anak dan membantu mereka belajar tentang bulan yang diberkati ini.