Enam Tips Agar Anak Mencintai Ramadhan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

 Kamis 31 Mar 2022 17:32 WIB

Sejumlah anak mengikuti pawai menyambut bulan Ramadhan di Jalan Pemancar Raya, Depok, Jawa Barat, Ahad (27/3/2022). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan semangat berpuasa pada anak jelang bulan Ramadhan. Enam Tips Agar Anak Mencintai Ramadhan Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya Sejumlah anak mengikuti pawai menyambut bulan Ramadhan di Jalan Pemancar Raya, Depok, Jawa Barat, Ahad (27/3/2022). Kegiatan tersebut bertujuan untuk menumbuhkan semangat berpuasa pada anak jelang bulan Ramadhan. Enam Tips Agar Anak Mencintai Ramadhan

Bulan suci menjadi ujian bagi para orang tua untuk mengenalkan Ramadhan pada anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi orang-orang dewasa yang Muslim, Ramadhan adalah waktu yang paling didambakan sepanjang tahun. Tapi, bagi anak-anak, Ramadhan tidak selalu seperti yang dipahami kebanyakan orang dewasa.

Untuk itu, Ramadhan juga menjadi ujian bagi para orang tua untuk mengenalkan Ramadhan dan membuat mereka mencintai bulan suci. Terutama agar mereka antusias dengan kedatangannya, mengerti keutamaannya, dan membiasakan diri dengannya. 

Baca Juga

Lalu, bagaimana agar anak bisa mencapai semua itu? Apa langkah-langkah yang bisa dilakukan para orang dewasa atau orang tua kepada anak-anaknya?. Berikut enam tips agar anak mencintai Ramadhan, seperti dilansir dari About Islam, Senin (28/3/2022).

Enam Tips Agar Anak Mencintai Ramadhan

1. Sambut Ramadhan di Rumah

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menyambut bulan yang indah ini di rumah. Bisa dengan menghias rumah dengan spanduk Ramadhan, karangan bunga hingga lampu. Libatkan anak-anak dalam mendekorasi rumah selama Ramadhan untuk membuat mereka bersemangat dan menginspirasi mereka untuk mencintai Ramadhan.  

2. Ajak anak membaca wawasan tentang Ramadhan

Anak-anak suka cerita. Bagi orang tua, ini adalah cara yang bagus menyampaikan maksud atau pembelajaran. Bacakan mereka tentang Ramadhan, makna dan tradisi Islam bulan itu. Para orang tua bisa membacakannya sebelum buka puasa, selama akhir pekan, dan di antara waktu-waktu lainnya. 

 

Berita Lainnya