Macam-Macam Amalan Sunnah Ramadhan, Jangan Terlewatkan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Kamis 31 Mar 2022 17:05 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Macam-Macam Amalan Sunnah Ramadhan, Jangan Terlewatkan Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan. Macam-Macam Amalan Sunnah Ramadhan, Jangan Terlewatkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika Ramadhan tiba, ada banyak tradisi yang dilakukan. Beberapa ada hukumnya wajib, seperti puasa dan zakat fitrah dan ada pula yang hukumnya sunnah. Adapun amalan-amalan sunnah yang dapat dilakukan menukil dari buku Ramadhan antara Syariah dan Tradisi tulisan Ustadz Ahmad Sarwat, diantaranya sebagai berikut.

Amalan Sunnah Ramadhan

1. Mengakhirkan sahur

Baca Juga

Para ulama sepakat bahwa disunnahkan bagi mereka yang berniat berpuasa keesokan harinya, agar malam sebelumnya dia bangun untuk makan sahur.

Beberapa hadits Rasulullah SAW berikut ini yang membahas mengenai anjuran sahur, 

تسخروا فإن في الشخور بكة

Dari Anas bahwa Rasulullah SAW bersabda, " Makan sahurlah karena sahur itu barakah." (HR Bukhari dan Muslim). 

لا تزال أمتي بخير ما عجلوا الفطر وأخروا الشخور

Dari Abu Zarr Al-Ghifari, "Umatku masih dalam kebaikan selama mendahulukan buka puasa dan mengakhirkan sahur. " (HR . Ahmad) "

 تسخروا فإن في الشخور بكة لا تزال أمتي بخير ما عجلوا الفطر وأخروا الشخور استعينوا بطعام السحر على صيام النّهار وبالقيلولة على قيام الليل 

"Mintalah bantuan dengan menyantap makan sahur agar kuat puasa di siang hari. Dan mintalah bantuan dengan tidur sejenak siang agar kuat shalat malam. " (HR . Ibnu Majah)

 الشخور بركة فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة ماء فإن الله وملائكته يصلون على المتسخرين

Dari Abi Said Al Khudri bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sahur itu barakah, maka janganlah kalian tinggalkan meski hanya dengan seteguk air. Sesungguhnya Allah dan malaikat Nya bershalawat kepada orang-orang yang sahur." (HR Ahmad)