Berbuka Puasa di Bukittinggi, Ayo Mampir ke Nasi Kapau Ni Lis, Terkenal di Los Lambuang!

Rep: Febrian Fachri/ Red: Reiny Dwinanda

Kamis 31 Mar 2022 12:34 WIB

Nasi Kapau di Los Lambuang, Pasar Lereng, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Nasi kapau Ni Lis buka mulai pukul 14.00 WIB mulai bulan puasa. Foto:

1

Ciri khas nasi kapau

Kekhasan nasi kapau adalah, sayurnya campuran yang terdiri dari kol, nangka, kacang panjang, dan buncis. Satu lagi menu khas nasi kapau adalah gulai tambunsu.

Gulai tambunsu ini adalah usus sapi yang sudah diisi telur ayam atau telur itik. Menu lain yang ada di nasi kapau adalah dendeng masiak (dendeng kering yang renyah seperti kerupuk), gulai tunjang, dan ikan gulai.

"Yang paling khas itu ya tambunsu. Tidak semua penjual nasi di Sumatra Barat yang ada tambunsunya. Hanya ada di nasi kapau," ujar Nurfida yang merupakan karyawan dari cucu Ni Lis, generasi ketiga sang pendiri.

Nurfida menyebut, Nasi Kapau Ni Lis sudah ada sejak 1960-an di Pasar Lereng Bukittinggi. Mengingat sejarah panjang bisnisnya, Ni Lis sudah punya penggemarnya tersendiri.

Saat bulan Ramadhan, menurut Nurfida, pembeli ada yang pesan untuk dibungkus. Ada juga yang berbuka di kedainya langsung.

Di Los Lambuang Bukittinggi, selain nasi kapau, juga banyak aneka jajanan lain. Es cendol, pecal sayur, hingga aneka gorengan banyak tersedia.