Berbuka Puasa di Bukittinggi, Ayo Mampir ke Nasi Kapau Ni Lis, Terkenal di Los Lambuang!

Rep: Febrian Fachri/ Red: Reiny Dwinanda

Kamis 31 Mar 2022 12:34 WIB

Nasi Kapau di Los Lambuang, Pasar Lereng, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Nasi kapau Ni Lis buka mulai pukul 14.00 WIB mulai bulan puasa. Foto: Republika/Febrian Fachri Nasi Kapau di Los Lambuang, Pasar Lereng, Kota Bukittinggi, Sumatra Barat. Nasi kapau Ni Lis buka mulai pukul 14.00 WIB mulai bulan puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, BUKITTINGGI -- Ada rencana ke Bukittinggi saat Ramadhan nanti? Jangan lupa mampir untuk berbuka puasa di Los Lambuang di Pasar Lereng. Letaknya 200 meter dari Jam Gadang.

Di Los Lambuang terdapat banyak aneka jajanan khas Minang. Menu yang paling banyak tersedia di Los Lambuang adalah nasi kapau.

Baca Juga

"Dua tahun terakhir, Pemko Bukittinggi tidak memfasilitasi Pasar Pabukoan (pasar aneka jajanan berbuka), jadi kami dagang di sini saja," kata salah seorang penjual nasi kapau Ni Lis di Los Lambuang, Nurfida Dwi Sutarsih.

Pada hari-hari biasa, nasi kapau Ni Lis sudah buka sejak pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Sedangkan, di bulan puasa, Nurfida baru mulai berjualan pada pukul 14.00 WIB.

Nurfida menyebut, sebelum pandemi Covid-19, penjualan nasi kapau meningkat setiap bulan Ramadhan. Tapi, dua tahun terakhir, omzet di bulan Ramadhan tidak jauh berbeda dari hari-hari biasa. Sebab, aktivitas masyarakat untuk keluar rumah dibatasi selama dua Ramadhan terakhir, yakni pada 2020 dan 2021.

Pada 2020, masyarakat dibatasi keluar rumah karena ada Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tahun lalu, masyarakat dibatasi dengan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dengan berbagai level.

Khusus tahun lalu, pedagang juga dibatasi karena kewajiban vaksin. Pedagang yang belum divaksin tidak boleh berdagang. Kini, Nurfida mengaku sudah vaksin dua kali.

Nurfida berharap Ramadhan tahun ini, pemerintah tidak lagi membatasi masyarakat dengan aturan. Apalagi, capaian vaksinasi sudah tinggi, baik pada masyarakat umum maupun pedagang.

"Biarkan kami berdagang dengan normal. Semoga tidak banyak lagi aturan-aturan mendadak," ujar Nurfida.

Menu nasi kapau sudah terkenal di seluruh negeri. Nasi ini merupakan khas dari Nagari Kapau, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat.

Ciri khas nasi ini tak lepas dari tata cara penyajian lauk yang ditawarkan berikut jenis menunya. Lauk di kedai nasi kapau dihidangkan di meja yang berjenjang sampai empat tingkat.

Penjual menggunakan (sanduak) sendok panjang agar mudah mengambil menu-menu yang terletak di tingkatan meja paling depan atau paling bawah. Unik, ya!