Tips Mengajak Anak Puasa Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko

Selasa 29 Mar 2022 16:45 WIB

Ilustrasi anak berpuasa, menunggu berbuka puasa, menunggu berbuka, godaan puasa. Foto: Republika/Yogi Ardhi Ilustrasi anak berpuasa, menunggu berbuka puasa, menunggu berbuka, godaan puasa.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARAT -- Ramadhan hampir tiba. Bulan Ramadhan yang paling menakjubkan ini adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan kepada anak-anak kita banyak manfaat menjadi Muslim karena Ramadhan penuh makna. 

Melansir laman aboutislam.net, (29/3/2022) beberapa tips dibawah ini mungkin akan bermanfaat untuk mengenalkan Ramadhan kepada anak-anak.

Baca Juga

Pertama, beberapa keluarga mungkin akan mendekorasi rumah mereka selama Ramadhan. Jika memang ini menjadi kebiasaan keluarga maka orang tua dapat meminta anak-anak membantu mendekorasi dalam persiapan. Sering kali hadiah diberikan selama Ramadhan (dan selalu saat Idul Fitri).

Ajak anak-anak berbelanja dan bantu mereka memilih hadiah kecil untuk anggota keluarga, teman, dan orang lain. Jadikan acara seru dengan kertas kado, pita cantik, dan dekorasi berkilauan.

Aspek kemeriahan Ramadhan ini membantu anak-anak pada awalnya mengenal Ramadhan bagian dari agama mereka dengan cara yang menyenangkan. Ajak mereka berbelanja pakaian untuk Ramadhan dan biarkan mereka memilih apa yang ingin mereka kenakan.

Mungkin mereka ingin sajadah baru hanya untuk Ramadhan. Tujuannya adalah untuk membuat mereka tertarik pada semua aspek Ramadhan, memberi mereka pilihan sehingga mereka benar-benar dapat merasakan bagian dari Ramadhan dan maknanya.

Kedua, mendidik anak-anak tentang makna dan tujuan Ramadhan, dan bagaimana Ramadhan adalah hadiah dari Allah. Beli buku, audio, dan video tentang Ramadhan dan tonton bersama, jawab pertanyaan apa pun yang mereka miliki serta tunjukkan poin penting yang mungkin perlu mereka pelajari lebih lanjut.