Tiga Anjuran Nabi saat Berbuka Puasa 

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko

Sabtu 26 Mar 2022 10:17 WIB

Ilustrasi anak berpuasa, menunggu berbuka puasa, menunggu berbuka, godaan puasa. Foto:

1

Sunahnya mengkonsumsi kurma saat berbuka itu  dalam bilangan ganjil yakni tiga butir. Lebih utama untuk mengkonsumsi kurma rutbah atau kurma basah. Bila tidak ada, maka dapat mengkonsumsi kurma tamr atau kurma kering. Para ulama berpendapat bila tidak memiliki kurma untuk berbuka puasa, maka dapat berbuka dengan sesuatu yang manis dan menyegarkan. Misalnya saja buah-buahan yang manis. Selanjutnya minum air putih dan lebih utama lagi bila meminum air zamzam. Sunah minum adalah tiga tegukan sebagaimana dicontohkan nabi Muhammad ﷺ. 

Bersedekah makanan berbuka

Ramadhan menjadi momentum untuk bersedekah. Maka dianjurkan nabi Muhammad ﷺ kepada umatnya untuk bersedekah terlebih memberi makan orang yang berpuasa. 

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga. (HR. Tirmidzi).  

 

Karena itu sebelum waktu berbuka, sebaiknya mempersiapkan makanan terbaik untuk diberikan kepada tetangga atau kaum dhuafa dan lainnya.