Lakukan Hal Ini Agar Memperoleh Lebih Banyak Keberkahan Saat Ramadhan

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 26 Mar 2022 01:20 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Lakukan Hal Ini Agar Memperoleh Lebih Banyak Keberkahan Saat Ramadhan Foto:

1

Cara Mendapatkan Keberkahan

Berkah terutama dapat diperoleh melalui tindakan saleh. Misalnya, waktu sebelum sholat subuh adalah waktu yang sangat istimewa dan penuh berkah. Maka dari itu Anda harus berusaha dan berusaha untuk bangkit untuk bisa mendapatkan sebagian berkah waktu tahajud.  

Karena pada saat tahajud itulah Allah memudahkan untuk mendekatkan diri kepada-Nya dan merasakan kedekatan-Nya. Dia menerima doa selama waktu ini dan mengirimkan rahmat khusus-Nya kepada mereka yang bangun untuk menyembah-Nya.

Anda bisa mulai dengan praktik yang sangat bermanfaat di bulan Ramadhan. Anda bangun untuk makan sahur. Lakukan sholat tahajud sebelum makan sahur dan Anda akan melihat ini akan berdampak pada hubungan Anda dengan Allah.

Nabi SAW diperintahkan untuk bangun di malam hari untuk menghabiskan sebagian malam dalam doa. Anda harus mencoba bangun sholat malam, meskipun hanya lima menit.

Dan bagi Anda yang sangat sulit untuk bangun, aturlah alarm dan berdoa kepada Allah. Insya Allah, dengan usaha ini, Allah akan menjadikan Anda termasuk orang-orang yang shalat kepada-Nya pada waktu yang diberkahi itu di seperempat malam ketiga.

Harus Konsisten 

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Jika Anda ingin memulai atau menambahkan sesuatu dalam ibadah, Anda harus melakukannya sekarang. Karena, insya Allah dengan keistimewaan Ramadhan Anda akan lebih mudah untuk melanjutkan dan beristiqamah atas apa yang telah Anda mulai setelah Ramadhan berakhir.

Misalnya, Anda selalu ingin membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat tetapi selalu membuat alasan Anda terlalu sibuk dan tidak punya cukup waktu untuk membaca surat yang agak panjang ini. Mulai sekarang di bulan Ramadhan dan berdoalah kepada Allah SWT agar diberikan istiqamah dalam membaca Surah Al-Kahfi setiap Jumat mulai sekarang.

Anda juga harus mencoba menghafal beberapa bagian dari Alquran di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Insya Allah dengan barokah Ramadhan, Anda akan dapat menyimpan beberapa kitab Allah dalam ingatan Anda.

Sementara semua Alquran sama pentingnya, ada beberapa surah yang disebutkan oleh Nabi Muhammad memiliki kelebihan khusus seperti Surah Yasin atau Surah Al-Mulk. Nabi berkata dia ingin agar surat-surat ini disimpan di hati setiap orang percaya. Kepatuhan terhadap sunnah Nabi Muhammad juga dipandang sebagai sarana untuk mendapatkan berkah. Mari berusaha untuk mendapatkan berkah yang paling banyak dari bulan Ramadhan yang indah ini. 

 

https://aboutislam.net/spirituality/barakah-how-can-we-obtain-blessings-in-ramadan/