Tips Makan yang Benar dan Sehat Saat Puasa

Rep: Haura Hafizah/ Red: Agung Sasongko

Jumat 25 Mar 2022 12:00 WIB

Menu Berbuka Puasa (Ilustrasi)

1

1. Makanan Bergizi 

Anda harus fokus pada makan makanan berkualitas tinggi.  Buka puasa harus menjadi waktu untuk minum banyak air dan makan makanan seimbang seperti sayuran, protein dan produk susu untuk lemak baik.

Menambahkan nutrisi ini ke makanan Anda membantu Anda tetap terhidrasi dan kenyang lebih lama dan bahkan dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda, yang sangat penting selama periode pandemi ini.  Fokus pada makan makanan dengan indeks glikemik rendah selama sahur.

Anda akan merasa kenyang lebih lama dengan memakan makanan ini dan Anda akan cenderung tidak meningkatkan gula darah Anda.  Ini juga dapat membantu Anda mengendalikan nafsu makan dan Anda akan terus berjalan sepanjang hari tanpa merasa lelah.

2. Tidak Konsumsi Makanan Olahan 

Beberapa hal yang perlu Anda hindari adalah garam, kafein, gula dan makanan olahan.  Dalam menyiapkan makanan untuk sahur penting untuk menghindari pengasinan yang berlebihan, karena ini akan membuat Anda dehidrasi dan menyebabkan Anda menjadi haus sepanjang hari.  Anda juga harus menghindari minuman berkafein karena memiliki efek diuretik, meningkatkan produksi urin, yang juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Makanan dan minuman yang telah ditambahkan gula dan karbohidrat memiliki kepadatan nutrisi yang relatif rendah, tidak membuat Anda kenyang lebih lama dan juga terkait dengan peningkatan risiko penyakit.   

Makan berlebihan jenis makanan ini dapat merusak jantung dan ginjal, memperlambat sistem kekebalan tubuh, dan dapat menyebabkan penambahan berat badan.