Agar Memaksimalkan Keistimewaan Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko

Rabu 23 Mar 2022 05:30 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto:

1

Kesebelas, sedekah Donasi Iftar, luangkan satu hari di mana kita menyiapkan salah satu Iftar terbaik dan membagikannya untuk tetangga atau setidaknya membaginya dengan mereka. Tidak masalah apakah tetangga kita seorang Muslim atau bukan. Ini adalah kesempatan emas untuk lebih dekat dengan tetangga, memperkenalkan mereka kepada Islam dan berbagi semangat Ramadhan dengan mereka.

Keduabelas, Jika tidak dapat melakukan hal diatas, kita dapat menggantinya dengan nampan cemilan manis berukuran sedang.

Ketigabelas, Pilih satu hari di mana kita dapat mengundang teman-teman dan teman-teman anak-anak kita untuk berbuka puasa. Buat program dengan tanya jawab tentang Ramadhan jika tamu datang lebih awal. 

Keempatbelas, bergabunglah dengan komunitas muslim di sekita kita untuk berbuka puasa.  Undang rekan kerja non-Muslim atau teman sekelas ke komunitas dan perkenalkan mereka kepada Muslim lainnya. 

 

Kelimabelas, pilih sekelompok pemuda dan mulailah bersama-sama sebuah proyek untuk membantu masyarakat luas. Seperti membuat dapur umum, menggunakan Masjid dan kendaraan bergerak, mengundang pembicara tamu setiap hari Sabtu. Atau merencanakan acara yang hanya untuk ibu dan anak perempuan, dan satu lagi untuk ayah dan anak laki-laki. bisa juga membuat sebuah acara ketika berada di lingkungan mayoritas non muslim meminta mereka yang tertarik untuk berpuasa dan berbuka puasa gratis.

Terpopuler