Agar Memaksimalkan Keistimewaan Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agung Sasongko

Rabu 23 Mar 2022 05:30 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto:

1

Keeenam, tantang diri untuk menjalankan Sholat Dhuha. Nabi mengatakan bahwa Shalat  ini adalah salah satu shalat bagi orang yang ikhlas dan saleh.

Ketujuh, setiap hari di bulan Ramadhan, kita bisa menghafal Nama-nama Allah yang indah.

Kedelapan, tidur siang agar tetap fokus saat salat 'Isya' dan Tarawih.

Kesembilan, beberapa tips di atas juga bisa dilakukan bersama keluarga, seperti berkumpul setelah Sholat Subuh, membaca Al-Qur'an dan lain-lain.

Kesepuluh, kita bisa adakan kontes harian yang bisa memakan waktu 10-20 menit sebelum Maghrib. Memiliki poster, mintalah setiap anggota untuk menyiapkan satu bagian dalam poster; misalnya ayat  dengan makna, hadits dengan makna, hikmah atau cerita pendek dan kuis.

Anggota keluarga dapat bergiliran melakukan bagian yang berbeda setiap hari. Disarankan agar orang tua berhati-hati dalam menulis pertanyaan kuis dan anak-anak mempersiapkan bagian lain.

Dua puluh menit sebelum Sholat Maghrib (atau tepat setelah makan dan sebelum `Isya'), semua anggota keluarga berkumpul dan masing-masing membaca bagiannya dengan komentar singkat. Kemudian, undian dilakukan untuk memilih pemenang hari itu. Hadiah simbolis dan kejutan dapat ditawarkan. 

 

Terpopuler