Sambut Ramadhan, Doha Jadwalkan Pemeriksaan Restoran dan Industri Makanan

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah

 Ahad 20 Mar 2022 03:35 WIB

Pemerintah Kotamadya Doha, Qatar menjadwalkan pemeriksaan pada restoran dan industri makanan jelang Ramadhan. Sambut Ramadhan, Doha Jadwalkan Pemeriksaan Restoran dan Industri Makanan Foto: Gulf Times Pemerintah Kotamadya Doha, Qatar menjadwalkan pemeriksaan pada restoran dan industri makanan jelang Ramadhan. Sambut Ramadhan, Doha Jadwalkan Pemeriksaan Restoran dan Industri Makanan

Sampel makanan secara acak akan diambil untuk diperiksa.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pemerintah Kotamadya Doha, Qatar melakukan persiapan untuk Ramadhan dengan menyusun rencana kerja yang terperinci. Mereka juga telah membuat jadwal pemeriksaan seluruh restoran sebelum dan selama bulan suci mendatang.

Ini termasuk Doha, Al Rayyan, dan Al Thabya. "Sektor kesehatan di Doha menerapkan rencana kerja intensif untuk inspeksi setiap hari di sepanjang Ramadhan," kata Kementerian Kotamadya dalam pernyataannya, seperti dikutip Gulf Times, Sabtu(19/3/2022).

Baca Juga

Kampanye tersebut dimulai pada pertengahan Februari, ketika 2.519 kali tur inspeksi dilakukan dan berbagai saluran makanan dan pedagang eceran menjadi target. Hal ini mengakibatkan dikeluarkan 55 laporan pelanggaran berdasarkan hukum No. 8 tahun 1990 atas peraturan pengendalian makanan manusia.

Selain itu, enam keputusan penutupan administratif dikeluarkan untuk berbagai jalan keluar selama lima sampai 15 hari. Selain itu, 56 keluhan yang terkait diterima dan ditangani oleh bagian itu dalam waktu 24 jam setelah menerimanya.

Inspeksi juga dilakukan di dapur-dapur yang populer, yang menghasilkan enam laporan pelanggaran. Selain itu, kampanye-kampanye intensif menargetkan pabrik makanan, gudang dan pemasok di kawasan industri.

Departemen dan bagian yang bersangkutan di kotamadya Al Rayyan juga telah menempatkan rencana kerja dan jadwal waktu inspeksi di tempat. Departemen kontrol kota telah mengadopsi sebuah rencana kerja yang mencakup mengadakan tur pemeriksaan setiap hari dan sore melalui berbagai bagiannya di toko-toko komersial dan pasar pusat Al Sailiya. 

Selain itu, penetapan dan saluran makanan telah dikelompokkan menurut potensi risiko yang terjadi. Sampel makanan secara acak akan diambil untuk diperiksa.

Bagian pengendalian kesehatan akan mengadakan tur pemeriksaan intensif setiap hari di semua kompleks komersial, fasilitas pangan dan saluran dan pabrik makanan dan pabrik makanan di sana untuk memastikan mereka memenuhi ketentuan hukum. Sampel makanan yang lebih acak akan diambil dari restoran dan dapur katering untuk pemeriksaan di departemen kesehatan pusat laboratorium.

Kerja inspeksi selama Ramadhan akan dilaksanakan dari pukul 10.00 sampai pukul 15.00 dan dari pukul 08.00 sampai pukul 01.00 waktu setempat dalam dua giliran jaga. Kepala Seksi Mohamed Ali al-Mohannadi mengatakan rencana kerja sama dalam pembagian pembagian menjadi kelompok dengan fokus khusus pada waktu iftar.

Ini untuk menjamin kesehatan dan keamanan produk pangan yang tersedia di pasar lokal. Sampel makanan secara acak akan diambil untuk diperiksa ke laboratorium pusat untuk memastikan kepatuhan dengan standar yang relevan. Maka, sekitar 72 sampel dikirim ke laboratorium untuk diperiksa. Selain itu, akan ada fokus khusus pada saluran buah dan sayuran, toko daging dan pejagalan selain pasar ikan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X