Buya Anwar Imbau Umat Islam Isi Ramadhan dengan Ibadah yang Ikhlas

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 19 Mar 2022 03:55 WIB

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga tokoh PP Muhammadiyah Buya Anwar Abbas. Buya Anwar Imbau Umat Islam Isi Ramadhan dengan Ibadah yang Ikhlas Foto: darmawan / republika Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga tokoh PP Muhammadiyah Buya Anwar Abbas. Buya Anwar Imbau Umat Islam Isi Ramadhan dengan Ibadah yang Ikhlas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga tokoh PP Muhammadiyah Buya Anwar Abbas mengimbau kepada umat Islam untuk menyambut Ramadhan dengan sebaik-baiknya. Tak hanya itu, ia juga meminta kepada umat Islam untuk senantiasa mengerjakan amal ibadah secara tulus dan ikhlas karena Allah SWT.

Buya menjelaskan menjelang bulan suci Ramadhan, umat Islam perlu melakukan persiapan-persiapan dalam menyambutnya. Terdapat sebuah hadits yang sangat baik yang diingat beliau.

Baca Juga

Hadits tersebut berbunyi, “Man qaama Ramadhana imanan wahtisaban ghufiro lahu maa taqaddama min dzanbih,”. Yang artinya, “Barangsiapa yang berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah SWT, maka semua dosanya yang lalu akan diampuni,”.

“Mudah-mudahan kita bisa menyambut dan mengisi Ramadhan kali ini dengan sebaik-baiknya. Yaitu dengan mengisinya dengan ibadah dan sebanyak-banyaknya amal saleh. Semoga Ramadhan kali ini bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Buya Anwar.

Namun demikian, beliau menggarisbawahi pahala dan ampunan-ampunan yang Allah berikan tersebut tidak bisa diperoleh seorang hamba apabila ia termotivasi beribadah hanya untuk dipuji orang lain. Untuk itu, umat Islam diimbau untuk menjalankan ibadah-ibadah di bulan suci Ramadhan dengan cara tulus dan ikhlas kepada Allah SWT.

“Ingatlah, kita hanya harapkan satu hal saja (atas semua ibadah yang kita jalankan), yaitu keridhaan Allah SWT,” ujar dia.