Ramadhan Segera Tiba, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 08 Mar 2022 13:50 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Ramadhan Segera Tiba, Apa Saja yang Harus Disiapkan? Foto:

1

Memahami alasan dibalik puasa

Sebelum dapat memulai bulan puasa, Anda harus terlebih dahulu memahami mengapa umat Islam berpuasa. Penjelasannya ada di Alquran:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ.

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa." (2:183)

Puasa merupakan salah satu bentuk ibadah dan penyerahan diri kepada Tuhan. Itu merendahkan hati manusia dan menyadarkan kita akan hadirat Tuhan. Puasa juga membantu kita mengendalikan keinginan dasar manusia, seperti haus dan lapar.

Orang yang berpuasa mengalami rasa lapar dan dapat berempati dengan orang yang kurang beruntung yang mengalami rasa sakit yang sebanding sebagai akibat dari kemiskinan. Berbuka puasa setiap hari juga merupakan sumber sukacita dan rahmat yang luar biasa dari Tuhan.

Saat berpuasa sepanjang Ramadhan, patuhi sunnah Nabi. Bacalah literatur atau buku agama untuk memahami tentang apa yang membatalkan puasa. Di hari-hari berikutnya, lakukan beberapa puasa percobaan untuk merasakan puasa sebelum Ramadhan dimulai.