Ramadhan Segera Tiba, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

 Selasa 08 Mar 2022 13:50 WIB

Ilustrasi Ramadhan. Ramadhan Segera Tiba, Apa Saja yang Harus Disiapkan? Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan. Ramadhan Segera Tiba, Apa Saja yang Harus Disiapkan?

Pastikan rumah bersih agar dapat berkonsentrasi pada hal-hal rohani saat Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan akan segera tiba. Selama setahun terakhir, umat Islam di seluruh dunia mengantisipasi kedatangannya.

Ramadhan bisa berlalu tanpa kita sadari. Manfaatkan Ramadhan sebaik-baiknya dengan mempersiapkan rohani kita. Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan rohani menyambut Ramadhan, seperti dilansir di About Islam.

Baca Juga

Pastikan rumah bersih

Sebelum Anda dapat berkonsentrasi pada hal-hal rohani, Anda harus terlebih dahulu memastikan rumah berfungsi dengan baik. Kekacauan, debu, dan disorganisasi semuanya berdampak negatif pada fungsi kognitif.

Rumah yang tidak teratur menyebabkan proses berpikir yang tidak teratur. Kecemasan, kegelisahan, dan kekhawatiran semuanya dapat diperburuk oleh ruang tamu yang berantakan. Semua emosi ini mengganggu kemampuan seorang Muslim untuk berdoa dan beribadah.

Puasa dan menyiapkan makanan berbuka puasa juga menjadi lebih sulit. Manfaatkan beberapa minggu ke depan. Rapikan rumah Anda dengan menyingkirkan barang-barang yang tidak perlu dan menyumbangkan barang-barang yang tidak diinginkan untuk amal.

Untuk menjamin semuanya berfungsi dengan baik, ganti perabotan dan peralatan yang rusak dengan yang Anda mampu. Setiap permukaan harus dibersihkan, dipel, dan dipoles sampai bersinar.

Ingatlah kebersihan rumah dan tubuh dipandang sebagai kebajikan besar dalam Islam. Setiap Ramadhan, Anda bisa menyisihkan satu bagian rumah hanya untuk sholat. Artinya, anak-anak pun tidak boleh bermain di area itu atau mengganggu ketika anggota keluarga sedang beribadah.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X