Tips Hilangkan Rasa Takut Melakukan Puasa

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah

Rabu 23 Feb 2022 18:15 WIB

Ilustrasi Puasa. Tips Hilangkan Rasa Takut Melakukan Puasa Foto:

1

Makan sahur yang cukup

Setelah persiapan meyakinkan pikiran bahwa puasa tidak berbahaya, tubuh juga perlu disiapkan dengan asupan makanan yang cukup. Mempersiapkannya dengan makan sahur yang baik dan minum banyak air sebelum memulai puasa. Penting juga memastikan makanan ketika berbuka juga seimbang secara gizi dan minuman yang cukup untuk mengembalikan asupan nutrisi tubuh. 

Memilih makanan yang tinggi serat dan protein dapat membantu merasa kenyang lebih lama sehingga tidak perlu terlalu khawatir merasa lapar.  Dukungan emosional dan dukungan dari orang yang dicintai sangat membantu seseorang merasa siap menghadapi tantangan.

Doa dan perasaan

Persiapan lain yang sangat penting adalah doa. Saat berdoa, komunikasikan dengan Allah dan ungkapkan ketakutan diri. Kemudian berdoalah agar diberikan kemudahan dalam menjalani puasa dan ketenangan pikiran saat melakukannya. Allah adalah pendukung terbesar kita dan sangat ingin kita berhasil.

 

Sebagai catatan terakhir, ada baiknya untuk memeriksa perasaan Anda sesering mungkin. Perasaan takut adalah hal yang normal, tetapi jika itu menjadi cemas berlebih (tentang puasa atau apa pun) dan tidak dapat merasa lega darinya, atau jika itu mengganggu kehidupan sehari-hari, mungkin sudah waktunya untuk mencari bantuan profesional.

Terpopuler