Kisah Sukses Atlet Muslim Dunia Saat Jalani Puasa Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Selasa 11 May 2021 05:59 WIB

Marco Verratti dari PSG, kiri, dan Demba Ba dari Basaksehir menantang bola selama pertandingan sepak bola grup H Liga Champions antara Paris Saint Germain dan Istanbul Basaksehir di stadion Parc des Princes di Paris, Prancis, Rabu, 9 Desember 2020. Foto:

1

Selain pelatihan yang fleksibel, klub dan ofisial liga dapat membuat gerakan yang lebih kecil, seperti memperhatikan kesehatan fisik pemain, atau melakukan istirahat saat matahari terbenam untuk mengurangi dehidrasi bagi pemain yang berpuasa. 

photo
Wesley Fofana - (EPA-EFE/Nigel French )

Akomodasi 

Manajer Leicester City Brendan Rodgers dan klubnya telah memberikan contoh yang bagus tahun ini dalam mengakomodasi Fofana. Dengan The Foxes unggul 3-0 melawan West Brom di akhir babak kedua, Rodgers membawa Fofana untuk istirahat lebih awal sehingga dia bisa memulai pemulihan. 

“Ini luar biasa. Jika Anda memikirkan penampilannya pada akhir pekan di semifinal Piala FA di mana dia belum makan sepanjang hari dan kemudian dia mencicipi makanan pertamanya dengan 15 menit tersisa dan kemudian, hari yang sama, dengan kickoff pukul 8 malam, dia tidak makan sepanjang hari atau minum dan dia masih bisa tampil ke level itu, ”kata Rodgers usai pertandingan. 

Pada tahap awal pertandingan Fofana berikutnya melawan Crystal Palace, pejabat pertandingan memberikan istirahat sejenak saat matahari terbenam agar Fofana mengonsumsi gel energi dan meneguk air.  

Setelah pertandingan, bek tersebut men-tweet, “Hanya ingin berterima kasih kepada @premierleague serta @CPFC, @ vguaita13 dan semua Foxes karena mengizinkan saya berbuka puasa malam ini di tengah-tengah permainan. Itulah yang membuat sepakbola indah," cuitan dia.  

 

Meskipun pergantian pemain dan istirahat mungkin tidak diperlukan, mereka menunjukkan belas kasih, pengertian, dan niat baik. Di atas segalanya, dalam bulan yang mendorong sikap tidak mementingkan diri, amal, dan peningkatan, mereka menjadi pertanda baik bagi para pesepakbola Muslim saat ini yang tidak harus berurusan dengan tekanan antara memilih sepak bola atau keyakinan.