Kisah Sukses Atlet Muslim Dunia Saat Jalani Puasa Ramadhan

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah

Selasa 11 May 2021 05:59 WIB

Marco Verratti dari PSG, kiri, dan Demba Ba dari Basaksehir menantang bola selama pertandingan sepak bola grup H Liga Champions antara Paris Saint Germain dan Istanbul Basaksehir di stadion Parc des Princes di Paris, Prancis, Rabu, 9 Desember 2020. Foto:

1

Pengalaman Ba adalah hal biasa bagi pemain Muslim di level tertinggi. Ketegangan muncul kembali setiap tahun dan atlet harus membuat keputusan untuk menjalankan kewajiban agama mereka dan menghadapi pengawasan, atau berbuka puasa terlepas dari keyakinan agama mereka. 

Satu dekade kemudian, Ba dilaporkan harus menghadapi tekanan yang sama yang dia hadapi di Newcastle. Desas-desus muncul pada pertengahan April bahwa Ba telah berpisah dengan Istanbul Basaksehir karena perselisihan dengan pelatihnya mengenai puasa pada hari-hari pertandingan. 

Di sisi lain, atlet terkenal seperti bek Leicester City Wesley Fofana dan bintang National Basketball Association (NBA) Kyrie Irving telah menjadi berita utama yang positif karena menampilkan penampilan luar biasa saat berpuasa. 

Di Liga Utama Inggris, Fofana memacu Leicester untuk kemungkinan finis empat besar dan kualifikasi Liga Champions UEFA, sementara Irving rata-rata mencetak lebih dari 25 poin permainan untuk Brooklyn Nets sejak Ramadan dimulai di Amerika Serikat. 

Sampai saat ini, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung persepsi Pardew bahwa puasa menghalangi performa atletik, juga tidak ada bukti yang sebaliknya. Studi sentral tentang pengaruh Ramadhan pada sepak bola diterbitkan pada 2012 oleh Aspetar Orthopedic Center dan Sports Medicine Hospital di Doha, Qatar. 

Yacine Zerguini, anggota Komite Medis Konfederasi Sepak Bola Afrika yang berkontribusi dalam penelitian ini, merangkum temuan penelitian dengan menyatakan bahwa temuan tersebut tidak universal. 

 “Tidak ada hasil global yang unik untuk penelitian tersebut. Kesimpulannya, menurut saya, setiap kasus harus ditangani secara individual,"ujar dia.

photo
Hakeem Olajuwon - ()

Harus diingat bahwa kemungkinan besar efek Ramadhan juga terkait dengan kualitas spiritual dan kemampuan fisik setiap atlet. Keyakinan adalah faktor besar. Jika pemain percaya puasa tidak akan berdampak pada kinerja mereka, maka mungkin tidak. Jika mereka ragu, lebih baik mereka makan. 

Konsensus Zerguini dan ahli medis lainnya adalah bahwa memang tidak mungkin untuk mengukur aspek mental dari tekanan negatif seorang pemain untuk berbuka puasa dan sama tidak mungkinnya mengukur pengaruh motivasi spiritual pemain pada kinerja mereka. Temuan semacam itu dikuatkan oleh para atlet itu sendiri. 

Pemain NBA Nigeria Hakeem Olajuwon dinobatkan sebagai Player of the Month pada Februari 1995 saat dia merayakan Ramadhan. Center Houston Rockets rata-rata mencetak 29,5 poin per gim, 10,1 rebound per gim, dan 3,4 blok gim selama berlari. 

“Saya merasa lebih baik ketika berada di Ramadhan karena lebih fokus dan lebih ringan. Puasa membuat saya lebih kuat dan statistik saya lebih efisien,"ujar Olajuwon.