Tradisi Nganggung di Babel Ditiadakan

Red: Agung Sasongko

Senin 10 May 2021 06:37 WIB

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, melakukan kegiatan Safari Jumat di Masjid Al-Mukarromah di Desa Ranggung, Kecamatan Payung, Kabupaten Bangka Selatan Jumat, (22/1). Kegiatan Safari Jumat merupakan kegiatan rutinitas sebagai ajang silaturahmi dengan masyarakat di Babel. Sehingga hubungan antara  Gubernur Erzaldi dengan masyarakat tetap terjalin dengan baik Foto:

1

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Babel Andi Budi Prayitno mendukung kebijakan peniadaan tradisi ngangung ini, mengingat seluruh kabupaten/kota berstatus zona orange.

Berdasarkan peta zonasi risiko mingguan Covid-19, maka sebaran peta zona risiko Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah sebagai berikut zona merah (risiko tinggi) nihil, zona orange (resiko sedang) di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Belitung Timur, Belitung, Bangka, Bangka Tengah, Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka Barat.

Ia menyatakan hari ini tercatat orang yang terkonfirmasi Covid-19 menyentuh angka 14.478 orang. Dalam 1 minggu terakhir orang yang terpapar dan dinyatakan Positif Covid-19 sebanyak 1.027 orang. Sementara orang yang meninggal dunia akibat Covid-19 berjumlah 12 orang.

"Itu artinya orang yang terkonfirmasi Covid-19 pekan ini mengalami penurunan, dimana lonjakan atau penularan Covid-19 massif masih terjadi terutama di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, dan Kabupaten Belitung," katanya.