Empat Amalan Malam Lailatul Qadar

Rep: Ali Yusuf/ Red: Ani Nursalikah

Senin 03 May 2021 13:04 WIB

Empat Amalan Malam Lailatul Qadar. Umat muslim membaca Alquran saat beritikaf pada sepuluh malam terakhir Ramadhan 1442 H di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (3/5) dini hari. Pada 10 hari menjelang berakhirnya bulan Ramadhan, umat muslim melakukan Itikaf untuk meraih malam kemuliaan (Lailatul Qadar) dengan membaca Alquran, Shalat Tahajud (malam) dan berzikir. Foto: Republika/Abdan Syakura Foto:

1

Memperbanyak tilawah Alquran

Ustadz Ahmad mengatakan, tidak mesti mengkhatamkannya di malam itu juga, dan tidak ada juga yang mewajibkan seorang Muslim mengkhatamkan Alquran di malam itu.

Namun, jika memang mampu dan bisa mengkhatamkan Alquran itu sangat baik. "Tidak diragukan lagi orang tersebut akan mendapat pahala yang besar," katanya.

Melaksanakan sholat

Tidak ada ketentuan berapa rakaat harus sholat di malam hari Romadhon, termasuk malam-malam sepuluh terakhir. Tidak ada batasan berapapun kita melaksanakan sholat, delapan rakaat kah atau 20, atau bahkan lebih. 

Yang terpenting ialah sholat itu dilakukan dengan format dua rakaat satu salam. "Sholat malam itu dua rakaat dua rakaat….” (HR. Bukhori & Muslim).

Dan ini bukan sholat tarawih, ini adalah sholat malam. Pun kalau ingin menyebutnya dengan sholat tahajud ya tidak mengapa. Artinya ketika memulia takbir, kita berniat dengan sholat tahajjud.

Tapi yang harus diperhatikan ialah, kalau sebelumnya sudah sholat witir dengan jamaah tarawih sebelumnya, maka sudah tidak boleh lagi melakukan sholat witir, karena witir tidak boleh dilakukan sebanyak dua kali dalam satu malam. Dan kalau memang belum sholat witir, ya tutuplah sholat malam kita dengan sholat witir.

Terpopuler