Cara Menghindari Bau Mulut Saat Puasa

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 20 Apr 2021 04:15 WIB

Cara Menghindari Bau Mulut Saat Puasa Foto:

1

"Jadi, disarankan tidak menunda perawatan gigi. Jika Anda khawatir suatu sesi akan mempengaruhi puasa Anda, pertimbangkan pergi ke klinik setelah buka puasa, kebanyakan klinik gigi buka sampai larut malam untuk menampung pasien setelah buka puasa. Yang penting, jika Anda berobat untuk penyakit gusi atau gigi berlubang sebelum Ramadhan, pastikan Anda terus mengunjungi dokter gigi," kata dia.

Dokter Gigi Estetika dan Kosmetik dari Rumah Sakit Zulekha di Dubai, Rumana Abbas Dawasaz mengatakan bau mulut dapat dikurangi dengan mengurangi konsumsi bahan-bahan seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai. Bahan kimia yang terkait dengan makanan ini cenderung masuk ke aliran darah dan pindah ke paru-paru dan kemudian diembuskan keluar dengan efek yang bertahan lama.

“Ikan juga bisa menyebabkan bau mulut. Perasan lemon pada ikan dapat membantu mengurangi hal ini. Minuman berkafein adalah penyebab lainnya. Ini menyebabkan mulut menjadi kering sehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap.  Efeknya bisa dikurangi dengan minum air setelah konsumsi," kata dia.

Kemudian, ia merekomendasikan agar berbuka puasa dengan air dan kurma dan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran serta probiotik seperti yogurt. Lalu, ia mengingatkan agar masyarakat menjaga kebersihan mulutnya.

"Rutinitas kebersihan mulut seseorang harus terdiri dari menyikat gigi dua kali sehari selama dua hingga tiga menit dengan pasta gigi berfluorida dan sikat gigi medium-lembut yang harus diganti setiap tiga bulan," kata dia.

 

https://www.thenationalnews.com/lifestyle/wellbeing/ramadan-2021-how-to-avoid-bad-breath-when-fasting-during-the-holy-month-1.1205796

Terpopuler