Tips Berbuka Puasa dan Sahur Selama Ramadhan

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 13 Apr 2021 14:37 WIB

Tips Berbuka Puasa dan Sahur Selama Ramadhan Foto:

1

Ketika sahur, Katrin menganjurkan tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan manis. Sebab, makanan manis yang mengandung gula sederhana akan membuat cepat lapar.

Saat sahur juga tidak dianjurkan minum air putih terlalu banyak. Minum air putih kata dia harus sesuai dengan kebutuhan, normalnya adalah delapan gelas dalam sehari.

“Bisa diatur itu misalnya antara buka sampai sholat isya satu setengah gelas. Kemudian sebelum tidur lalu nanti malam saat mau tahajud bisa minum. Tidak terlalu disarankan banyak minum, secukupnya saja,” ucap dia.

Lebih lanjut, Katrin mengatakan konsumsi vitamin perlu diperhatikan berdasarkan kebutuhan. Jika kombinasi makanan sudah cukup sayur, buah, tidak terlalu banyak mengonsumsi gorengan atau makanan olahan, tidak diharuskan minum suplemen. Kecuali, bagi mereka yang sedang dalam periode penyembuhan atau sakit, misalnya terinfeksi Covid-19, itu boleh.

Untuk waktunya, Katrin mengatakan kapan saja bisa. Namun, untuk beberapa vitamin yang berdosis tinggi perlu diperhatikan. Tidak baik jika minum vitamin, misalnya langsung setelah buka puasa. Itu bisa menyebabkan masalah gangguan pencernaan. Agar lebih baik, pilih setelah makan.

“Ada beberapa zat gizi menjadi suplemen yang akan lebih bagus jika ada dalam sayuran atau buah yang kita makan. Misalnya, zat besi agar kita tidak kurang darah atau anemia, solusinya kita perlu cukup mengonsumsi makanan yang mengandung protein,” ucap dia.