Lima Pertanyaan Seputar Pelaksanaan Ramadhan 1442 H

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Senin 12 Apr 2021 23:44 WIB

Umat muslim melaksanakan shalat Tarawih malam pertama bulan Ramadhan 1442 Hijriah di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Aceh, Senin (12/4/2021). Mayoritas umat muslim di Provinsi Aceh melaksanakan ibadah puasa sesuai dengan jadwal yang ditetapkan Pemerintah pada 13 April 2021. Foto:

1

- Apa Perbedaan Ramadhan Tahun Ini?

Tindakan pencegahan terhadap virus Covid-19 berarti larangan pertemuan publik besar-besaran untuk merayakan Ramadhan. Bagi jutaan orang di seluruh dunia, buka puasa adalah acara komunal yang untuk kali ini akan dibatasi hanya keluarga terdekat. 

Para jamaah disarankan melakukan tindakan pencegahan yang diperlukan, terutama mengingat toko akan penuh sesak oleh pembeli yang akan membawa pulang bahan makanan. 

Bulan Ramadhan juga merupakan periode spiritualitas yang intens, pengendalian diri dan kesempatan untuk berhubungan kembali dengan Tuhan. Umat Muslim, setelah makan malam, akan melakukan sholat malam khusus yang dikenal sebagai tarawih.

Masjid-masjid di seluruh dunia telah ditutup, atau kehadiran jamaah dibatasi dalam upaya untuk menghentikan penyebaran pandemi mematikan. Penutupan masjid kemungkinan akan tetap dilakukan di masa mendatang demi kepentingan keselamatan publik.

Terpopuler