15 Kata Kunci Seputar Bulan Suci Ramadhan

Rep: zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Rabu 07 Apr 2021 01:26 WIB

Ramadhan Foto:

1

10. Shalat

Shalat adalah salat satu ibadah. Umat Islam wajib shalat lima waktu. Selama Ramadan, umat Islam didorong untuk sholat tarawih, meskipun ini tidak wajib.

11. Tarawih

Shalat Tarawih dilakukan setelah shalat Isha. Ini adalah salat panjang, biasanya dilakukan berjamaah di masjid. Jika sholat biasa bisa memakan waktu antara lima hingga 10 menit, tarawih bisa memakan waktu hingga satu jam 

Setiap malam tarawih, seorang imam akan membaca salah satu dari 30 ayat Alquran. Hal ini dilakukan untuk memastikan kitab suci selesai dibaca pada akhir Ramadhan.

12. Laylat Al Qadr

10 hari terakhir Ramadhan dianggap menjadi waktu paling suci. Muslim meyakini rentang waktu ini sebagai periode di mana ayat-ayat pertama Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad oleh malaikat Jibril (Jibril).

Laylat Al Qadr, atau malam takdir, diyakini terjadi di salah satu malam ganjil selama 10 hari terakhir. Pada masa ini, umat Islam meningkatkan ketakwaannya dan konon amal shalat malam yang dilakukan pada Laylat Al Qadr lebih baik dari pada yang dilakukan selama 83 tahun.

 

Terpopuler