15 Kata Kunci Seputar Bulan Suci Ramadhan

Rep: zahrotul Oktaviani/ Red: Agung Sasongko

Rabu 07 Apr 2021 01:26 WIB

Ramadhan Foto:

1

7. Mosaharaty

Seorang mosaharaty adalah orang yang berkeliaran di jalanan membangunkan umat Islam sebelum fajar untuk sahur. Pekerjaan tradisional ini cepat menghilang dari kehidupan modern, tetapi masih dapat ditemukan di beberapa daerah di Mesir dan Indonesia.

Beberapa orang menggunakan drum atau alat bunyi-bunyian lain, sementara orang lainnya melafalkan doa untuk membangunkan orang yang tidur.

8. Qada

Qada artinya menebus kewajiban Islam yang terlewat. Selama Ramadhan, Qada biasanya mengacu pada seseorang yang melakukan sesuatu untuk menebus puasa. 

Umat Muslim diharuskan berpuasa selama Ramadhan kecuali mereka sedang tidak sehat, bepergian atau sedang haid. Alasan lain seorang Muslim mungkin perlu mengganti puasa adalah makan atau minum secara tidak sengaja, pendarahan berlebihan atau muntah.

 9. Kaffara

Ketika seorang Muslim melewatkan puasa karena alasan lain, mereka mungkin perlu melakukan hukuman, yang disebut kaffara. Ini mengharuskan individu untuk berpuasa 60 hari tambahan. Jika mereka tidak mampu, mereka harus memberi makan 60 orang yang kurang mampu.

 

 

Terpopuler