Sembilan Hal yang Harus Disiapkan Mualaf Sebelum Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani

Rabu 07 Apr 2021 06:46 WIB

Ramadhan Foto:

1

6. Jangan Pesimis

Ketika pikiran mulai ragu akan kemampuan tubuh dalam menahan menahan lapar dan dahaga, alihkan pada hal positif. Bahwa Allah tidak mungkin memerintahkan puasa jika tubuh manusia tidak sanggup. Tanamkan dalam pikiran positif bahwa tubuh Anda dapat melaluinya. Bahwa Anda memiliki kekuatan lebih besar dari yang Anda bayangkan.

7. Istirahat

Sudah menjadi kebiasaan Nabi dan para sahabatnya untuk istirahat tidur di siang hari. Jika berada di kantor atau sekolah, gunakan waktu makan siang Anda untuk memejamkan mata dan istirahat. Hanya perlu tidur siang 15-30 menit untuk merasa segar kembali.

8. Jangan Menyerah

Jangan biarkan kesalahan saat puasa membuat kita menyerah. Bahkan jika kita melakukan beberapa dosa dalam hidup, jangan biarkan hal itu menahan kita dari kewajiban berpuasa.

Dengan terus melakukan perbuatan wajib itulah, kita mendapatkan kekuatan untuk meninggalkan dosa. Bagaimana kita akan meninggalkan dosa jika kita meninggalkan kewajiban?

9. Renungkan Spiritual

Setelah mendisiplinkan tubuh untuk berpuasa, perhatikan bagaimana perasaan kita secara spiritual ketika berpuasa dan bandingkan saat kita merasa kenyang setelah makan. Akan ada perbedaan mencolok antara kedua kondisi tersebut.

Renungkan bagaimana rasanya mengandalkan Allah dan kekuatan spiritual yang telah Allah berikan. Gunakan kekuatan ini untuk meningkatkan iman sedikit demi sedikit. Tidak ada di dunia ini yang lebih manis dari rasa iman, kemanisan yang bisa kita rasakan selama Ramadan.