Sembilan Hal yang Harus Disiapkan Mualaf Sebelum Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Esthi Maharani

Rabu 07 Apr 2021 06:46 WIB

Ramadhan Foto: ist Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puasa Ramadhan adalah puasa wajib bagi umat Islam. Dilansir dari About Islam pada Rabu (24/3) ada sembilan tips yang harus disiapkan bagi seorang muallaf untuk melakukan ibadah tersebut. Berikut ini sembilan tips yang harus disiapkan menyambut puasa Ramadhan

1. Bertekad dan berlatih untuk puasa

Bagi umat muslim yang telah memeluk Islam sejak lahir, mereka berkesempatan untuk berlatih puasa sejak kecil. Tetapi para mualaf tidak memiliki kesempatan itu. Meski begitu, hal tersebut bukan sesuatu yang tidak mungkin. Masih ada beberapa bulan, beberapa hari untuk berlatih sebelum memasuki puasa Ramadhan.

2. Memahami Siklus Lapar

Saat berpuasa, siang hari adalah waktu yang sangat panjang untuk menahan lapar. Namun rasa lapar seiring waktu akan berkurang jika sudah terbiasa berpuasa, karena perut kita pada akhirnya akan menyesuaikan dan berpuasa menjadi lebih mudah.

3. Mengetahui Apa yang Harus Dimakan dan Diminum

Konsumsilah makanan dengan kandungan karbohidrat, protein dan serat yang tinggi pada saat sahur. Makanan tersebut akan membuat kenyang lebih lama dan akan membantu menjaga kejernihan mental dan fokus sepanjang hari.

Bahkan jika merasa sangat malas untuk makan di saat sahur, maka usahakan tetap makan meskipun hanya sedikit. Tidak lupa untuk meminum air karena tubuh dapat bertahan dalam waktu lama tanpa makanan, tetapi tubuh hanya bisa bertahan 3-5 hari tanpa air.

4. Tahu Bagaimana Mengatasi Tantangan Mental

Tantangan fisik dalam berpuasa adalah pasti dan mungkin juga akan mengalami tantangan mental. Apa yang kita makan saat sahur dan berbuka dapat membantu dalam hal ini.

Baca juga : 15 Kata Kunci Seputar Bulan Suci Ramadhan

Tetapi ketika mulai merasakan ketajaman mental menurun, biarkan sejenak untuk berdiam. Kemudian tarik napas dalam-dalam dan bergerak, meskipun hanya dengan berdiri dan duduk. Ini akan memungkinkan oksigen beredar ke seluruh tubuh dan menyegarkan kembali.

5. Alihkan Perhatian

Jangan biarkan penyegaran oksigen ini sia-sia. Saat rasa lapar dan haus menyerang, alihkan perhatian dengan membaca Alquran atau mempelajari sejarah Ramadhan. Jangan justru menonton televisi yang banyak sekali iklan makanan dan minuman yang mungkin saja menjadi godaan berbuka semakin kuat.