Jangan Buang Sisa Nasi, Coba Olah dengan Cara Ini

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah

 Senin 27 Apr 2020 15:08 WIB

Olahan makanan dari sisa nasi cocok untuk menu sahur ataupun berbuka puasa (Foto: nasi goreng) Foto: Flickr Olahan makanan dari sisa nasi cocok untuk menu sahur ataupun berbuka puasa (Foto: nasi goreng)

Olahan makanan dari sisa nasi cocok untuk menu sahur ataupun berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nasi merupakan makanan pokok yang populer di seluruh dunia. Selain bernutrisi, nasi juga menjadi makanan yang cukup mengenyangkan.

Sayangnya, seringkali sisa nasi di dalam rice cooker tak lagi nyaman disantap bila sudah kering. Alhasil, banyak orang membuang nasi yang sudah kering ini.

Baca Juga

Melansir laman wellandgood, Senin (27/4), dua penulis buku masak, yakni Candice Kumai dan Liz Moody, menyebutkan bahwa nasi sisa di dalam rice cooker bisa diolah kembali. Cara mengolahnya cukup mudah dan rasanya tak kalah enak.

"Nasi bisa dikreasikan dengan beragam tambahan lain saat diolah," kata keduanya.

Salah satu resep mengolah nasi yang tersisa di dalam rice cooker dengan membuat nasi goreng. Bila bosan dengan resep nasi goreng pada umumnya, maka bisa mencoba nasi goreng kunyit.

Diperkaya dengan rempah kunyit, bumbu ini menjadi yang paling sehat di dapur. Terlebih, kunyit juga mengandung manfaat yang tidak sedikit.

Tambahkan bubuk kunyit ke dalam resep nasi goreng andalan anda. Menu ini juga bisa dibuat saat santap sahur.

Kemudian, sisa nasi juga bisa diolah dengan menambahkan bawang, cuka, kecap, dan jahe. Aduk nasi dengan tambahan bumbu tersebut. Bumbu ini bisa memberikan rasa baru pada nasi.

Terakhir, sisa nasi bisa diolah menjadi makanan pencuci mulut, yakni puding nasi. Dengan sentuhan kreativitas, rasa nasi akan berubah menjadi pencuci mulut yang cukup nikmat.

Caranya, campur sisa nasi dengan susu kacang. Bisa pula ditambahkan sedikit santan agar lebih gurih. Kemudian, tambahkan buah beri, yoghurt, dan madu untuk menambah rasa.

Dinginkan puding nasi di dalam kulkas, dan puding siap disantap. Hidangan ini bisa menjadi rekomendasi menu buka puasa yang segar namun mengenyangkan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Berita Lainnya

Play Podcast X