Senin 27 Apr 2020 15:02 WIB

Susi Pudjiastuti Bagikan Resep Bikin Pizza Tutut

Susi Pudjiastuti mengunggah tutorial menu masakan yang tak biasa, yakni pizza tutut.

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Setelah resmi melepas jabatan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti kini banyak menghabiskan waktu bercengkrama bersama anak dan cucunya. Belum lama ini Susi membagikan tips memasak ala dirinya.

Melalui akun Instagram miliknya, belakangan Susi Pudjiastuti mengunggah tutorial menu masakan yang tak biasa, yakni pizza tutut. Tutut sendiri seperti yang telah kita ketahui, merupakan keong sawah dan biasanya dibersihkan kemudian digunakan untuk pakan ternak bebek.

 

"Tutorial memasak pizza tutut. Yang penasaran resep pizza tutut, ini dia tutorialnya. Semoga mudah diikuti dan semua bisa mencoba pizza tutut atau keong sawah," tulis akun Instagram @susipudjiastuti, dikutip Suara.com, Minggu (26/4/2020).

"Biasanya, sawah yang ada keongnya ya tidak pakai pestisida. Karena kalau pakai pestisida, mati keong-keong ini," sebut Susi Pudjiastuti.

Sebelum diolah menjadi sajian lezat, keong sawah terlebih dahulu dicuci bersih dari lumpur. Kemudian rendam keong sawah di dalam air rebus yang sudah diberikan sedikit garam serta cuka.

Rebus selama 2-3 menit, angkat, lalu lepaskan daging tutut dari cangkangnya. Setelah itu, simpan dalam kulkas.

"Kita beli seperti ini di Pangandaran harganya Rp 15 ribu per kilo bisa dipakai untuk dioseng, dibumbu kuning, diopor, dibumbu rujak. Nah, kemarin saya pikir pizza karena pizza suka ada yang pakai kerang-kerang," imbuhnya.

"Dan enaknya luar biasa, tidak bau tanah, tidak bau lumut," ungkap Susi Pudjiastuti.

Dalam video tersebut, Susi Pudjiastuti juga sempat memperlihatkan sekilas, langkah-langkah membuat pizza tutut ala dirinya.

Momen memasak pizza tutut tersebut juga tampak begitu menyenangkan karena Susi Pudjiastuti dibantu cucu-cucunya memarut keju.

Setelah ditaburkan sebagai topping dan diberi bumbu, pizza tutut tadi dipanggang selama beberapa waktu. Kemudian sesudah dipanggang, pizza tutut alias keong sawah sudah diap dihidangkan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement