Cara Muslim Inggris Hadapi Ramadhan di Tengah Lockdown

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 25 Apr 2020 06:01 WIB

Cara Muslim Inggris Hadapi Ramadhan di Tengah Lockdown. Muslim muda Inggris. Foto:

Cara Muslim Inggris Hadapi Ramadhan di Tengah Lockdown

Rahman mengungkapkan kesedihannya untuk Idul Fitri tahun ini. Ia tidak akan bisa pergi ke rumah orang tuanya. Meskipun, ia bukan satu-satunya orang yang harus mengalami itu untuk pertama kalinya, namun Idul Fitri tetap jadi momen berarti baginya.

"Jujur, itu akan menjadi tantangan emosional, cukup menyedihkan," katanya.

Dewan Muslim Inggris (MCB) telah menerbitkan panduan tentang cara menjalani Ramadhan di tengah pandemi virus corona. Sekretaris Jenderal MCB, Harun Khan, mengatakan pesan untuk Ramadhan tahun ini jelas, yakni berpuasa dan beribadahlah di rumah dan berbagi Ramadhan secara digital.

"Ini adalah cara beribadah kepada Allah dan membantu menyelamatkan kehidupan," kata Harun Khan.

Di tengah kondisi seperti ini, banyak Muslim yang mencari komunitas daring dan panggilan video sebagai cara untuk menjalani Ramadhan. Wakil direktur NHS Workforce Race Equality Standard, Dr Habib Naqvi, sepakat dengan ide komunitas daring tersebut.

photo
komunitas Muslim Inggris. - (The Independent)

Ia mengatakan, saat ini adalah periode kritis di mana umat Islam dan komunitas lainnya harus menggunakan platform daring dan pendekatan alternatif untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman-teman. Di samping, kata dia, tetap menerapkan pedoman pemerintah mengenai pembatasan sosial.

Di Burton-upon-Trent, Majid Waris adalah bagian dari Humanity Unites, yang mengelola bank makanan reguler di kota itu. Saat ini, Majid Waris telah mulai membagikan paket makanan dan telah membuka layanan untuk memungkinkan orang-orang mengumpulkan makanan sembari memenuhi pedoman pembatasan sosial.

"Sebagai Muslim kita diajarkan untuk menjadi dermawan di alam kita, Ramadhan sempurna karena selayaknya sebulan penuh waktu untuk merenungkan diri kita sendiri," kata Waris.

Ia mengatakan, Ramadhan adalah bulan untuk berefleksi dan menera-ulang diri sendiri. Menurutnya, hal itu membantu untuk menghargai apa yang dimiliki dalam hidup dan apa yang bermanfaat, yang harus dilakukan selama masa lockdown ini.

Ia mengakui Ramadhan akan menjadi momen yang menantang baginya. Sebab, ia dan rekannya akan memasak makanan sembari berpuasa.

Terpopuler