Ragam Hidangan Nusantara untuk Berbuka di Sailendra

Red: Indira Rezkisari

Selasa 30 Apr 2019 07:22 WIB

Udang Garo Rica dari Sailendra Restaurant di JW Marriott Jakarta. Foto: Republika/Kiki Sakinah Coffee and Cardamon Scented of Lamb Chop dari Sailendra Restaurant di JW Marriott Jakarta.

Coffee and Cardamon Scented of Lamb Chop

Menu olahan kambing yang satu ini memang berbeda karena menggunakan bahan istimewa, yaitu kopi. Tanpa menghilangkan rasa khas domba, penambahan kopi justru semakin memperkuat aroma dari masakan ini.

Menurut Chef Heri, kopi jenis apapun bisa digunakan dan tidak berpengaruh terhadap rasa masakan. Selain kopi, masakan ini lebih khas karena rempah-rempah berupa cardamon (kapulaga) dan cumin (jinten). Tak hanya aromanya yang unik, Chef Heri menuturkan kopi juga mempengaruhi tekstur daging.

"Kopi juga mempengaruhi tekstur daging menjadi lembut, aroma rasanya dan tekstur daging berubah. Ini kreasi saya sendiri," ujarnya.

Cara memasaknya, kopi terlebih dahulu digiling kasar. Sementara itu, cardamon (kapulaga), cumin (jinten), dan bumbu-bumbu lainnya seperti ketumbar dicampur dan dipanggang hingga aromanya keluar. Setelah itu, bahan rempah ini digiling kasar dan dicampurkan bersama kopi.

Setelah dibubuhi lada hitam halus dan rempah lainnya, barulah diberi mentega encer. Daging domba tersebut kemudian direndam (dimarinasi) dengan campuran bumbu-bumbu tersebut dan disimpan di dalam chiller selama semalaman. Namun, menurut chef, proses marinasi ini tidak tertutup alias dibiarkan dalam wadah terbuka agar bumbunya menyerap sempurna ke dalam daging.

Keesokan harinya, barulah domba yang sudah dimarinasi itu dipanggang dan disajikan dengan red sauce. Selain kopi, olahan domba ini juga bisa lho menggunakan teh untuk memberikan aroma yang istimewa.

Terpopuler