Yuk Ngabuburit di Masjid Tertua Kota Bandung

Red: Ani Nursalikah

Rabu 15 Jun 2016 15:21 WIB

Masjid Mungsolkanas yang merupakan masjid tertua di Bandung, Jawa Barat yang terletak di Jalan Cihampelas Nomor 61. Foto:

Ia mengatakan, masjid yang sudah berdiri sejak 147 tahun ini sudah mengalami tiga kali renovasi, pertama di tahun 1956, mengganti bentuk masjid dari sebuah mushoala berbentuk rumah panggung dari bambu menjadi masjid bertembok.

"Kedua 1993, dan ketiganya 2009 sambil membuat menara masjid," ujar dia.

Haris menambahkan, saat renovasi ada barang-barang peninggalan dulu yang hilang. "Mungkin para pekerja lupa menyimpannya dimana, jadi barang-barang seperti pentungan, dan bedug peninggalan Mama Aden hilang, ada sebagian yang dibawa oleh keluarganya," kata dia.

Saat ini, lanjut dia, salah barang peninggalan zaman dahulu yang masih ada di Masjid Mungsolkanas ialah sebuah Alquran.

Wujud Alquran yang ada di masjid tersebut berbentuk seperti Alquran sekarang, namun huruf-hurufnya ditulis tangan, dan hanya ada titik sebagai penanda waqaf ayat dan ditulis oleh warga bernama Zakaria.

Keberadaan Alquran yang diletakkan di lantai dua masjid tersebut menjadi perhatian jika warga pertama kali mengunjungi Masjid Mungsolkanas. Ia menambahkan, untuk kegiatan sehari-hari masjid ini seperti masjid pada umumnya dan dirinya berharap orang-orang yang berkunjung ke Masjid Mungsolkanas setidaknya ingat dengan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, sesuai dengan nama masjid.

"Semoga kedepannya namanya tetap Mungsolkanas, serta kelestarian dari masjid tua ini tidak luntur," kata Haris.

Terpopuler